Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Cegah Calo Kasus, PN Kembangkan Aplikasi Asminah

05 Oktober 2019, 16: 44: 34 WIB | editor : Perdana

Wakil Ketua PN Karanganyar Ni Wayan Wirawati tunjukkan apilkasi Asminah

Wakil Ketua PN Karanganyar Ni Wayan Wirawati tunjukkan apilkasi Asminah (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Ingin mengajukan gugatan sidang perdata di Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar bisa dilakukan melalui aplikasi E – Court.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Ni Wayan Wirawati mengatakan, aplikasi yang diberi nama Asminah tersebut tidak hanya mempermudah pelayanan masyarakat mengajukan gugatan. Tapi juga untuk menghindari sejumlah praktik nakal calo yang dimungkinkan bakal mengambil keuntungan dari proses sidang perdata. Aplikasi ini digabung dengan WhatsApp.

”Asminah adalah nama almarhum mantan ketua PN Karanganyar. Tinggal nanti bertanya ke nomor yang nantinya kita share, kemudian secara otomatis sistem akan menjawabnya. Dan di situ akan ada petunjuknya,” terang Ni Wayan Wirawati.

Aplikasi tersebut bakal digunakan pada awal 2020 mendatang. Saat ini pihaknya baru melakukan uji coba untuk menyempurnakan aplikasi tersebut.

”Saat ini sudah bisa digunakan, akan tetap bagi advokat atau pengacara yang sudah terdaftar di Pengadilan Tinggi. Mereka yang nanti ingin mencari informasi soal perdata jadi nggak usah datang ke pengadilan, tinggal nanti tanya saja melakui aplikasi tersebut,” tegasnya. 

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia