Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

PLN Terjunkan Pasukan PDKB, Kawasan VVIP Bebas Byar-pet

07 Oktober 2019, 14: 30: 55 WIB | editor : Perdana

TANGGAP: Petugas PLN UP3 Surakarta memperbaiki jaringan listrik.

TANGGAP: Petugas PLN UP3 Surakarta memperbaiki jaringan listrik. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – PT PLN (Persero) UP3 Surakarta menjamin kawasan VVIP bebas byar-pet. Contohnya kawasan kediaman ibunda Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Mencegah byar-pet, diterjunkan pasukan PDKB (pekerjaan dalam keadaan bertegangan).

Pasukan PDKB beranggotakan ratusan orang. Dibekali mobil dan perangkatnya yang membuat pekerja aman. Pada pelayanan jalur VVIP ini, pasukan PDKB siaga di posko. Melibatkan ratusan petugas yang terbagi dalam tiga shift.

Pasukan PDKB merupakan pasukan elit PLN. Bertugas melakukan pekerjaan dalam keadaan jaringan listrik tetap hidup.

“Harus memiliki kemampuan khusus. Pasukan ini sering dilatih melalui bakti PDKB. Termasuk memastikan jaringan 20 kilovolt (KV), khususnya mengarah ke kawasan VVIP tidak ada kendala. Di Kota Solo, jalur VVIP mengarah ke kediaman RI 1 atau Predisen Joko Widodo. Pohon atau apa pun yang menghambat jaringan listrik harus diantisipasi,” papar Pelaksana Tugas (Plt) Manajer Komunikasi PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Jogjakarta Haris, kemarin (6/10).

Haris memastikan kawasan VVIP mendapat pelayanan listrik tanpa henti. Sebelumnya, kediaman VVIP hanya dilayani tiga jalur listrik. Nah, setelah adanya posko dan pasukan PDKB, totalnya ada lima jalur listrik. “Di-backup dengan uninterruptible power supply (UPS),” bebernya sembari menyebut pihaknya juga getol meningkatkan pelayanan terhadap jaringan tegangan rendah. 

Sementara itu, upaya perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik ada dua cara. Salah satunya perbaikan dan pemeliharaan berjarak. Dilakukan dalam kondisi bertegangan, namun petugas menggunakan bantuan stick.

Cara kedua, dengan sentuh langsung. Didukung fasilitas mobil dan perangkatnya yang membuat pekerjanya aman. Perbaikan dan pemeliharaan dilakukan dalam kondisi padam, namun ini dalam kondisi menyala. “Prinsipnya, PDKB merupakan komitmen PLN memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” imbuh Haris. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia