Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Pemprov Jateng Gelontorkan Rp 13 Miliar untuk Lampu Tenaga Surya

07 Oktober 2019, 16: 52: 13 WIB | editor : Perdana

PEREMAJAAN: Petugas Dinas Perhubungan memasang lampu tenaga surya di Pantai Nampu, Paranggupito. Proyek ini dapat pengawalan dan pendampingan kejari.

PEREMAJAAN: Petugas Dinas Perhubungan memasang lampu tenaga surya di Pantai Nampu, Paranggupito. Proyek ini dapat pengawalan dan pendampingan kejari. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali menggelontorkan anggaran untuk pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tenaga surya. Anggaran yang digelontorkan cukup fantastis yakni Rp 13 miliar. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri Ismiyanto mengatakan, LPJU tenaga surya tersebut akan dipasang di 15 ruas jalan di 15 Kecamatan. Setidaknya anggaran Rp 13 miliar lebih digelontorkan oleh pemerintah provinsi untuk 324 titik LPJU tenaga surya.

”Nantinya akan dipasang di Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Selogiri, Tirtomoyo, Giritontro, Bulukerto, Slogohimo, Puhpelem, Nguntoronadi, Girimarto, Sidoharjo, Jatiroto, Baturetno, Eromoko dan Jatisrono," kata Ismiyanto kemarin (6/10). 

Menurut Ismiyanto, saat ini pengadaan LPJU tenaga surya tersebut tengah masuk di Layanan Pengadaan Secara Elektronik. Targetnya, 2019 ini LPJU tenaga surya harus sudah dipasang semua.

”Waktunya 90 hari kerja, tapi nanti akan kita sampaikan kepada penyedia ya jangan sampai 90 harilah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Ismiyanto, pengadaan LPJU tenaga surya ini mendapatkan pengawalan dan pendampingan dari TP4D Kejaksaan Negeri Wonogiri. Seluruh stakeholder di Dinas Perhungan juga berkomitmen untuk mensukseskan LPJU tenaga surya ini.

”Sudah 3 kali ini kita mendapatkan bantuan LPJU dari Provinsi, sejak 2017,” tandasnya. 

Untuk informasi, 2018 lalu dipasang di 815 titik lokasi pada 20 ruas Jalan Kabupaten Wonogiri.

Anggaran dari bantuan Pemerintah Provinsi senilai Rp 35 miliar. Pada 2017 terpasang sekitar 600 unit LPJU yang tersebar di sejumlah kecamatan di Wonogiri. Dengan perincian sekitar 340 unit LPJU tenaga surya sedang sisanya LPJU jaringan listrik bersumber dana dari Bankeu Propinsi Jateng 2017 dan 183 unit LPJU LED yang merupakan bantuan dari Kementrian ESDM serta dukungan APBD Wonogiri. (kwl/adi)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia