Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Spesifikasi Server Absensi Dinaikkan, Biar PNS Tak Naik Genting Lagi

07 Oktober 2019, 17: 21: 07 WIB | editor : Perdana

CANGGIH: ASN Wonogiri saat kesulitan mencari sinyal.

CANGGIH: ASN Wonogiri saat kesulitan mencari sinyal.

Share this      

WONOGIRI – Pemkab Wonogiri berusaha keras supaya absensi secara online dapat berjalan lancar. Saat ini, spesifikasi komputer untuk server sudah dinaikkan. 

Pekan lalu, aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Wonogiri kesulitan melakukan absensi melalui aplikasi Hadirku dan SiTammpan. Pasalnya, server kelebihan traffic kemudian ngadat. Akibatnya, banyak ASN yang dipotong tambahan pengahasilannya karena gagal absen.

”Semoga Senin (7/10) besuk (hari ini,Red) lancar sudah dinaikkan speknya untuk mengantisipasi,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonogiri Heru Nur Iswantoro, Minggu (6/10). 

Menurut Heru, semula komputer untuk menyimpan program dan aplikasi web berspesifikasi core 8 dengan memori 16 giga. Kemudian, untuk pengolah data dan menyimpan data absensi core 8 dan memori 16 giga.

”Server mengalami full load, penuh,” kata Heru.

Kemudian, saat ini untuk pengolah data dan menyimpan data absensi core 12 memori 32 giga. Lalu untuk data base server SiTammpan core 12 dengan memori 16 giga. Lalu, untuk data base server Hadirku core 12 memori 16 giga.

”Yang jelas tetap nggak boleh sombong, alat kita uji coba dengan setting maksimal yang kita punyai. Dari sisi aplikasi dan infrastrukturnya dipantau terus. Dianalisis setiap proses utk mencari setting optimum,” pungkasnya.

Kabupaten Wonogiri sejak awal akhir September 2019 ini sudah menerapkan absensi secara online. Para ASN wajib absen dan apel melalui aplikasi Hadirku dan mengisi kegiatan di aplikasi SiTammpan. Hadirku aplikasi digunakan untuk absensi kehadiran setiap harinya, terdiri dari beberapa jenis kehadian seperti hadir biasa, dinas luar baik dalam daerah atau luar daerah. Lalu juga diperuntukan bagi ASN dengan kerja yang tidak biasa seperti satpol PP.

Absen Hadirku ini, terkoneksi dengan GPS android ASN yang bersangkutan di lokasi absen. Sedangkan GPS admin sudah dikunci GPS, sehingga ASN harus absen di dalam area GPS, tidak bisa dilakukan di luar area GPS. Absen dilengkapi dengan foto selfi. Setelah melakukan absen kehadiran, kemudian apel pagi. Setelah selesai apel pagi, ASN harus absen apel, secara otomatis akan muncul tombol untuk absen apel ini yakni pada pukul 07.15 - 7.45. Sedangkan absen pulang pukul 15.30. (kwl/adi)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia