Kamis, 20 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

Jelang Pilkades, Bupati Minta Cakades Jaga Kondusivitas

07 Oktober 2019, 17: 30: 28 WIB | editor : Perdana

IMBAUAN: Bupati Sri Mulyani kumpulkan cakades di pendapa rumdin.

IMBAUAN: Bupati Sri Mulyani kumpulkan cakades di pendapa rumdin. (ANGGA PURENDa/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Pemilihan kepala desa (pilkades) gelombang III di Kabupaten klaten masuk masa tenang selama tiga hari. Bupati Klaten Sri Mulyani meminta 210 calon kepala desa (cakades) bisa menjaga kondusivitas keamanan wilayah masing-masing. Jelang pemungutan dan penghitungan suara, 9 Oktober mendatang.

Imbauan ini disampaikan bupati di pendapa rumah dinas (rumdin), Sabtu pagi (5/10). Pada agenda Ngopi Bareng Bupati. Cakades diimbau memanfaatkan masa tenang ini dengan kegiatan positif. Serta dilarang melaksanakan agenda kampanye.

“Semuanya harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai ada keributan di pilkades. Lebih baik berebut simpati dengan pamer program prioritas dalam menyejahterakan dan membangun desanya masing-masing,” tegas bupati.

Memastikan keamanan pelaksanaan pilkades, bakal dilakukan monitoring selama dua hari. Yakni pada H-1 dan hari H pencoblosan. Monitoring dibagi menjadi empat tim. Terutama menyasar kepada desa penyelenggara pilkades yang jauh dari pantuan pemkab.

“Kami monitoring pada malam sebelum hari H dan waktu pencoblosan. Terutama di daerah sedikit rawan dan pelosok. Termasuk desa-desa yang memiliki daftar pemilih tetap (DPT) banyak,” imbuhnya.

Secara teknis, pembagian tim monitoring dilakukan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten. Serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten.

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengaku bersama jajarannya dan TNI siap menjaga keamanan selama pilkades. “Pengamanan dibagi menjadi enam rayonisasi. Setiap rayon terdapat empat kecamatan dengan desa yang menyelenggarakan pilkades. Termasuk jajaran polres di sekeliling Klaten standby call. Kami siapkan satu pleton dalmas di masing-masing polres,” bebernya.

Kapolres juga meminta seluruh cakades ikut menjaga kondusivitas wilayah masing-masing. Siapa pun yang terpilih tetap bersudara. “Bagi yang kalah diharapkan legawa untuk menerimanya. Dan pihak yang menang merangkul cakades lainnya. Sehingga pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman,” urainya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia