Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

Persis Solo Tetap Bisa Lolos, Asalkan...

08 Oktober 2019, 07: 25: 59 WIB | editor : Perdana

Persis Solo Tetap Bisa Lolos, Asalkan...

SOLO – Peluang Persis Solo lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 memang belum tertutup. Namun Laskar Sambernyawa harus bisa memaksimalkan dua laga terakhir melawan PSBS Biak dan PSIM Jogja. Sayangnya, nasib Persis juga bergantung pada hasil pertandingan tim lainnya.

Jika dua partai itu bisa mengamankan empat poin dengan rincian menang atas PSBS (home) dan menahan imbang tuan rumah PSIM (away), Persis akan mengumpulkan 28 poin. Peluang lolos masih terbuka.

Sementara pesaing Persis berebut tiket babak 8 besar ada tujuh tim. Yakni PSIM, Persiba Balikpapan, Martapura FC, PSBS, Persewar Waropen, dan Mitra Kukar. Tujuh tim tersebut masih saling bertemu di dua pertandingan terakhir.

PSIM yang kini jadi pesaing terdekat Persis, masih punya tabungan tiga pertandingan melawan Martapura FC (away), Persis (home) dan Persatu (home). Jika minimal meraih dua kemenangan kandang, PSIM punya peluang lolos. 

Sementara tim yang mengejutkan di putaran kedua Persiba Balikpapan juga masih menjaga asa lolos. Tim berjuluk Beruang Madu itu akan bermain home lawan juru kunci Grup Timur, Madura FC 8 Oktober dan dijamu Mitra Kukar. Saat ini Persiba menduduki peringkat lima dengan 24 poin. Jika partai home terakhir berhasil menang, nilai Persiba menjadi 27 poin. Artinya sama dengan Persis Solo jika menang lawan PSBS Biak. Pada partai pamungkas, Persiba pastinya akan habis-habisan melawan Mitra Kukar di Tenggarong.

Martapura FC juga akan berjuang mati-matian menjamu PSIM pada 8 Oktober. Laga tersebut adalah kesempatan terakhir Martapura FC mendapatkan poin penuh. Karena di laga terakhir akan bertandang melawan PSBS Biak. Jika menang lawan PSIM, pasukan Frans Sinatra mengumpulkan 28 poin.

Peluang besar juga dimiliki Persewar yang menyisakan partai home dan away. Untuk home menjamu Persatu Tuban, sedangkan partai terakhir bertandang ke markas Sulut United. Jika menang atas Tuban, Persewar mengumpulkan 31 poin dan lolos.

Sementara tim yang berpeluang besar lolos adalah Mitra Kukar. Tim berjuluk Naga Mekes itu bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup Timur dengan raihan 30 poin. Dua partai terakhir akan menantang Persatu Tuban (away), dan Persiba Balikpapan (home). Kemenangan melawan Persiba akan mengantarkan Mitra Kukar aman di posisi kedua dengan 33 poin.

Pelatih Persis Solo Salahudin tak menampik posisi Persis sedang terjepit. Laga melawan PSBS sangat menentukan. ”Sepulang dari Sulut dan PSBS Biak, kami langsung menatap laga selanjutnya lawan Biak. Pertandingan itu wajib tiga poin, itu dulu yang ingin kami raih. Belum bicara lawan PSIM,” jelas Salahudin kemarin.

Dia akan menyiapkan rotasi pemain menjamu PSBS di Stadion Wilis, Rabu (9/10) besok. ”Perjalanan sangat jauh, dan jadwal sangat ketat. Jadi harus cari pemain yang masih segar,” jelasnya. (adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia