Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Asap Ganggu Pemadaman Api Putri Cempo

08 Oktober 2019, 12: 16: 27 WIB | editor : Perdana

Asap Ganggu Pemadaman Api Putri Cempo

SOLO – Titik asap di tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo kembali memunculkan bara api. Terutama di sisi barat yang terbakara beberapa bulan sebelumnya.

“Belum mampu dipadamkan secara tuntas,” terang Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta Reny Cahyawati kemarin (10/7).

Dia memperkirakan, luas lahan Putri Cempo yang terbakar sudah mencapai lima hektare. Upaya penyemprotan air terus dilakukan baik pagi, siang, maupun malam hari.

Sementara itu, asap tebal di Putri Cempo cukup mengganggu aktivitas pembuangan sampah. Termasuk permukiman di utara Putri Cempo. “Warga sudah ada yang melaporkan (dampak asap),” jelas Reny.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Surakarta Gatot Sutanto menyatakan, upaya pemadaman terkendala titik api yang sulit dijangkau, ketebalan asap, dan aktivitas pembuangan sampah. 

"Akses keluar masuk kendaraan damkar kadang terhalang oleh truk pengangkut sampah. Ada juga sapi dan pemulung. Kami sudah menyampaikan kepada DLH untuk mengatasi hal ini, sehingga pemadaman bisa dilakukan dengan lancar," kata dia. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia