Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Jelang Pilkades, Pontesi Botoh di Desa Mertan Kuat

08 Oktober 2019, 16: 27: 54 WIB | editor : Perdana

LENGKAPI SYARAT: Salah seorang cakades urus administrasi di  ruang pemdes Setda Pemkab Sukoharjo kemarin (7/10). 

LENGKAPI SYARAT: Salah seorang cakades urus administrasi di  ruang pemdes Setda Pemkab Sukoharjo kemarin (7/10).  (RAGIL LISTIYO/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Jelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 11 desa pada 31 Oktober, Polres Sukoharjo memetakan daerah rawan konflik. Mengingat basis masing-masing calon kepala daerah (cakades) sama-sama kuat.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas diwakili Kasat Intel Iptu Sukimin menerangkan, desa rawan gesekan yakni Wonorejo di Kecamatan Polokarto, Desa Mertan di Kecamatan Bendosari, dan  Desa Gedongan di Kecamatan Baki.

"Desa Mertan berpotensi perjudian atau botoh. Semua desa itu rawan money politics. Apalagi ada calon yang secara finansial kuat. Ada cakades petahana dan penantangnya punya basis massa kuat,” katanya, Senin (7/10).

Kabag Pemdes Setda Pemkab Sukoharjo Setyo Aji Nugroho mengamini ada desa rawan gesekan. Namun pihaknya telah melakukan upaya antisipasi. "Kami menyebutnya desa yang punya atensi tinggi. Ada dua desa yang atensinya cukup tinggi," terang dia.

Deteksi dini potensi gesekan melibatkan panitia pengawas di kecamatan dan panitia pilkades tiap desa. Kebersamaan dan keamanan wilayah harus diprioritaskan.

Sementara itu, tahapan Pilkades Serentak 2019 masuk tahap pendaftaran cakades. Sedikitnya 20 cakades mengurus surat keterangan belum pernah menjabat kades sebanyak tiga kali di ruang pemdes Setda Pemkab Sukoharjo. Setelah seluruh administrasi cakades klir, tahap selanjut mendaftar ke panitia pilkades di desa masing-masing.

Ketua panitia Pilkades Desa Mertan, Kecamatan Bendosari Sukoharjo Kamidi mengatakan, sudah ada tiga cakades yang merampungkan syarat administrasi. Mereka terdiri atas petahana dan toko masyarakat setempat. 

“Penetapan calon 15 Oktober. Kondisi Desa Mertan aman dan kondusif. Tidak ada gesekan. Sejak dulu pemilihan kades Mertan sukses, damai, tenteram, dan lancar,” pungkasnya,” pungkasnya. (rgl/wa

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia