Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Dua Pekan Dibeli, Rumah Kobong

09 Oktober 2019, 11: 05: 59 WIB | editor : Perdana

SIGAP: Petugas Damkar Kota Solo jinakkan api yang bakar rumah di Kerten, Laweyan, Selasa (8/10).

SIGAP: Petugas Damkar Kota Solo jinakkan api yang bakar rumah di Kerten, Laweyan, Selasa (8/10). (SILVESTER KURNIAWAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kebakaran terjadi di permukiman padat RT 01 RW 05, Kerten, Laweyan, Selasa (8/10). Beruntung, api dapat dipadamkan dengan cepat sehingga tidak menjalar ke bangunan lainnya.

“(Yang terbakar) rumah kosong tidak berpenghuni. Diduga karena korsleting listrik dari arah ruang tengah dan menjalar ke bagian lain. Atap rumah juga ambrol, tidak ada korban jiwa,” terang Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta Gatot Sutanto. 

Warga setempat Robby Wibisono, 23, menuturkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.30. Diawali asap tebal berlanjut kobaran apai. “Warga menyiram pakai air seadanya. Bisa padam baru pas damkar datang,” jelasnya.

Pemilik bangunan Aminudin, 50, mengaku baru dua pekan lalu membeli rumah tersebut. Saat ini masih proses balik nama. “Rencananya mau saya bongkar malah terbakar. Kalau kerugiannya paling ya Rp 5 juta. Nggak banyak karena memang tidak ada isinya,” jelas warga RT 05 RW 11, Manahan, Banjarsari itu.

Di lain sisi, mengingat tingginya potensi kebakaran di musim kemarau, kemampuan masyarakat dalam penanganan kebakaran perlu ditingkatkan. "Kami imbau jangan membakar sampah sembarangan. Karena tanpa pengawasan, sisa pembakaran itu berpotensi menyulut bahan lain yang mudah terbakar di sekitarnya," tegas Gatot.

Warga juga perlu memastikan kondisi sambungan kabel dan alat kelistrikan lainnya seperti kipas angin maupun air conditioner (AC) yang biasa difungsikan dalam waktu panjang. Itu guna mencegah korsleting listrik. 

“Relawan bencana kebakaran di tiap kecamatan harus lebih aktif. Ada Satlakar dan Wanito Agni. Penanganan awal bisa makin efektif mengingat di sejumlah perkampungan padat mobil kami sulit masuk,” terangnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia