Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Bayar Parkir Bisa Pakai E-Toll, Tugas Jukir Dioptimalkan

09 Oktober 2019, 10: 55: 59 WIB | editor : Perdana

PELAYANAN: Mesin parkir model lama yang terpasang di kawasan pusat perbelanjaan. Tidak lama lagi, alat lebih canggih dioperasikan.

PELAYANAN: Mesin parkir model lama yang terpasang di kawasan pusat perbelanjaan. Tidak lama lagi, alat lebih canggih dioperasikan. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Sejumlah pengelola dan juru parkir dijadwalkan mendapat pelatihan operasinal mesin baru e-parkir November mendatang. Rencananya, mesin canggih tersebut ditempatkan di Jalan Slamet Riyadi, Jalan Radjiman, dan Jalan Honggowongso. 

“Mesinnya ini berbeda (dibandingkan yang sudah terpasang). Makanya harus ada pelatihan karena alat dan penyedia jasanya memang beda,” terang Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta Henry Satya, Selasa (8/10).

Materi pelatihan antara lain operasional alat e-parkir hingga pembagian tugas juru parkir di lapangan. Operasional alat e-parkir bisa melayani tiga jenis transaksi pembayaran. Yakni secara tunai, e-wallet, maupun e-money dari empat bank pemerintah.

“Kartu yang biasa dipakai untuk bayar tol pun bisa digunakan (bayar e-parkir). Ini sesuai masukan masyarakat soal pemaksimalan pelayanan e-parkir di Solo,” jelasnya.

Terkait pembagian tugas jukir, terdiri atas petugas yang mengoperasikan e-parkir, mengatur keluar masuk kendaraan, hingga pengawasa keamanan kendaraan.

Ketua Asosiasi Parkir Surakarta (Asparta), Ngadiyo merespons positif upaya pelatihan jukir mengoperasikan mesin baru e-parkir. Pihaknya juga mendorong pemkot melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Sekadar informasi, mesin e-parkir sebelumnya hanya melayani pembayaran dari salah satu bank. Itu dinilai kurang efektif karena tidak semua pengguna jasa parkir punya e-money dari bank yang sama. Pengadaan 35 unit mesin baru e-parkir tersebut menyedot anggaran Rp 486 juta. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia