Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Forum Anak Surakarta Edukasi lewat Vlog dan Foto

09 Oktober 2019, 13: 15: 59 WIB | editor : Perdana

BAHAGIA: Aneka kegiatan digelar forum anak Surakarta.

BAHAGIA: Aneka kegiatan digelar forum anak Surakarta. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Forum Anak Surakarta (FAS) menyelenggarakan lomba vlog dan foto dalam rangka menyambut peringatan 30 tahun konvensi hak anak atau convention on the right of child (CRC). Kompetisi tersebut sebagai sarana edukasi terhadap pemenuhan hak anak.

Peserta lomba adalah anak-anak, yakni warga negara Indonesia dengan usia maksimal 18 tahun pada November tahun ini. Video dibuat dengan tema pemenuhan hak anak berdurasi maksimal satu menit.

Setiap anak hanya dapat mengirimkan satu karya video dan atau foto. Batas akhir pengumpulan karya 5 November 2019. Panitia akan memberikan hadiah utama berupa laptop serta hadiah menarik lainnya. 

“Ini adalah salah satu rangkaian acara menyambut peringatan 30 tahun CRC yang akan dipusatkan di Kota Solo. Harapannya dengan lomba vlog dan foto ini dapat lebih memahamkan anak-anak terhadap hak yang harus mereka dapatkan,” ujar Dian Sasmita selaku panitia.

Dipilihnya vlog dan foto, lanjut Dian, karena dua hal tersebut dianggap sebagai medium paling dekat dengan kehidupan anak saat ini. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai mobilisasi anak-anak di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam peringatan 30 tahun konvensi hak anak.  “Zamannya memang milenial, sehingga pendekatannya juga harus menyesuaikan," ucapnya.

Kegiatan lainnya yakni pengiriman delegasi dalam konferensi Kota Layak Anak di Jerman, pekan depan. Belva Aulia menjadi satu dari dua perwakilan anak Indonesia yang akan berangkat di forum tersebut. Selain sebagai peserta, Belva juga dimungkinkan berbicara tentang pelaksanaan kota layak anak di Kota Surakarta.

"Karena itu konferensi kemungkinan dibentuk kelompok diskusi sebagai ruang berbicara perwakilan anak di seluruh dunia," pungkas dian. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia