Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Optimalkan Fungsi, BPBD Wonogiri Data Mata Air

09 Oktober 2019, 13: 22: 13 WIB | editor : Perdana

DIJAGA: Relawan bersihkan sumber air di Kali Waung, Giriwoyo. Tempat ini menjadi andalan saat kemarau melanda.

DIJAGA: Relawan bersihkan sumber air di Kali Waung, Giriwoyo. Tempat ini menjadi andalan saat kemarau melanda. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri mengerahkan relawan untuk mendata sumber mata air. Itu guna konservasi dan pengoptimalan sumber daya alam. 

“(Pendataan) baik di sumber air yang saat ini dimanfaatkan warga, belum dimanfaatkan, atau terbengkalai,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto, Selasa (8/10).

Dalam pendataan itu mencatat tentang potensi, debit air, dan kemanfaatannya supaya dapat dimaksimalkan potensinya untuk menanggulangi masalah kekeringan.

Selain pendataan sumber mata air, para relawan juga sanggup menyediakan bibit tanaman jenis beringin secara mandiri per anggota yang akan ditanam saat musim hujan. Lokasi penanaman diprioritaskan di sekitar sumber mata air agar ketersediaan air tetap terpelihara.

“Di Kecamatan Wonogiri kota banyak sumber air yang dimanfaatkan atau sudah tidak dimanfaatkan. Misalnya di belakang pendapa kantor Bupati itu ada, masih digunakan. Lalu di dekat stasiun, ada sumbernya bagus, tapi kemanfaatannya sudah tidak maksimal. Dulu, untuk memandikan kereta api, sumbernya besar," ucap Bambang.

Salah seorang relawan di Kecamatan Giriwoyo Welas Handayani mengatakan, pihaknya telah membersihkan sumber air di Kali Waung di Lingkungan Ngebrak Lor RT 01 RW 01 Kelurahan/Kecamatan Giriwoyo. Setiap hari, mata air tersebut sedot dan airnya didistribusikan ke daerah terdampak kekeringan.

"Awalnya sungai tapi ada mata airnya. Lalu dibendung supaya tidak bercampur dengan air sungai," ungkap Welas. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia