Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Wonogiri Ajukan 623 Formasi ASN, Seleksi Diprediksi Digelar 2020

09 Oktober 2019, 15: 56: 17 WIB | editor : Perdana

DISIPLIN: ASN ikuti upacara bendara di halaman Pemkab Wonogiri.

DISIPLIN: ASN ikuti upacara bendara di halaman Pemkab Wonogiri. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Pemkab mengalami kekurangan aparatur sipil negara (ASN) hingga 3.000 orang. Namun, pada rekrutmen CPNS 2019 hanya diajukan 623 formasi. Jumlah tersebut disesuaikan dengan personel yang pensiun tahun ini.

Sekretaris Daerah Wonogiri Suharno mengatakan, 623 formasi itu terdiri atas 70 persen untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan sisanya untuk pelamar umum.

“Untuk lebih jelasnya, Pemkab Wonogiri masih menunggu instruksi dari Kementerian PAN RB. Kemungkinan seleksinya 2020,” terang sekda, Selasa (8/10).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri Haryono menuturkan, kekurangan ASN dihitung berdasarkan pekerjaan. Namun, sepertinya saat ini pemerintah pusat menginginkan birokrasi yang simpel dan efisien.

"Dulu dihitung tiga pekerjaan itu misalnya (dikerjakan) tiga ASN. Sekarang tidak lagi. Tiga pekerjaan itu bisa dikerjakan satu ASN,” jelasnya.

Saat ini, jumlah ASN di Wonogiri sekitar 9.000 orang dengan rata-rata jumlah ASN pensiun per tahun sekitar 600 orang. 

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopodalam sambutannya pada penyerahan surat keputusan (SK) Kenaikan Pangkat ASN di pendapa kantor bupati belum lama ini menuturkan, di era teknologi 4.0, masyarakat menuntut kinerja pemerintahan yang transparan serta membuat kebijakan tepat sasaran. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia