Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Wacana Provinsi Solo Raya, Ganjar: Pemekaran kan Bukan Perkara Selera

09 Oktober 2019, 19: 28: 55 WIB | editor : Perdana

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo buka suara soal usulan pembentukan Provinsi Solo Raya yang dilontarkan Bupati Karanganyar Juliyatmono. Ganjar menegaskan, perlu ada urgensi dan alasan yang tepat sebelum melakukan pemekaran kawasan. 

Pemekaran wilayah juga bukan perkara selera. Namun, perlu dilakukan kajian yang mendalam. Sebab, di Indonesoa sudah ada kebijakan desain nasional penataan daerah (Desartada). Selain itu, sejak 2014 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan moratorium pemekaran wilayah.

”Apakah kemudian rencana ini sudah in line dengan keputusan nasional. Karena Pak Cahyo (Mendagri Cahyo Kumolo) dua hari lalu menyampaikan, sekarang ini 300 lebih daerah di seluruh Indonesia mau mekar dan belum dibuka pemekaran satu pun,” tutur Ganjar.

Artinya, lanjut dia, perlu hati-hati, strategi, dan kajian terkait problem apa yang mendorong gagasan untuk pemekaran. Apalagi  sudah ada kisah-kisah proses pemekaran yang tidak mudah.

”Saran saya dikaji saja dulu. Kecuali sudah ada argumentasi yang kuat,” imbuh gubernur.

Ditanya apakah benar wacana pembentukan Provinsi Solo Raya ini sudah pernah dibahas, gubernur menegaskan belum pernah. 

”Pernah ada dulu usulan dari keraton terkait pembentukan DIS (Daerah Istimewa Surakarta). Jadi ini tidak ada angin, tidak ada hujan, ada usulan itu (pemekaran, Red),” ujar Ganjar yang dulu pernah menjadi ketua panitia kerja (panja) pemekaran itu.

Gubernur mengakui, kawasan eks Karesidenan Surakarta memberikan kontribusi ke provinsi. Khususnya untuk pendapatan asli daerah (PAD) yang cukup banyak. Namun, dia tidak hafal berapa persen jumlahnya. 

”Kalau setuju atau tidak, nanti malah jadi ramai. Jadi saya mendinginkan saja. Sekarang ramai membangun integritas saja, yuk,” pungkasnya. (atn/rgl/ria)

(rs/atn/rgl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia