Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

Pintu 8 Besar Terbuka untuk Persis, Tuntaskan di Mandala Krida

10 Oktober 2019, 07: 05: 59 WIB | editor : Perdana

Striker Persis Solo M Isa melakukan selebrasi usai bisa menjebol gawang PSBS Biak di Stadion Wilis Madiun, kemarin

Striker Persis Solo M Isa melakukan selebrasi usai bisa menjebol gawang PSBS Biak di Stadion Wilis Madiun, kemarin

Share this      

MADIUN – Persis Solo akhirnya membuktikan kualitasnya dan menampar semua kritikan yang deras menerpa mereka setelah adanya rentetan hasil minor di beberapa laga terakhir. Laskar Sambernyawa sukses menang meyakinkan 3-0 atas PSBS Biak di Stadion Wilis Madiun, kemarin (9/10).

Ini jadi kemenangan terbesar Persis musim ini. Tambahan tiga poin ini juga membuat Persis naik tiga peringkat. Poin 27 membuat Iman Budi dkk membuka peluang untuk lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019.

Jika ingin lolos, Persis harus menang di laga terakhir babak penyisihan Grup Timur di markas PSIM Jogja, Senin (21/10). Termasuk mengharapkan di laga lainnya juga. Yakni Persewar Waropen dan Martapura FC tersandung di laga terakhirnya di hari yang sama.

“Bagi kami ini belum akhir. Masih ada satu pertandingan hidup mati yang harus kita jalani. Kita harus segera fokus lagi menatap laga melawan PSIM. Tapi kita tetap apresiasi laga ini (kemarin), (kemenangan) ini  perjuangan para pemain,” ucap Head Coach Persis Solo Salahudin.

Hingga saat ini baru Persik Kediri (33 poin) dan Mitra Kukar (30 poin) yang dipastikan jadi wakil grup Timur di babak 8 besar.

Walau Mitra Kukar kalah 0-3 atas Persatu Tuban, Selasa (8/10), tim asal Kalimantan tersebut tetap lolos.  Kekalahan Persiba Balikpapan atas Madura FC (1-2), Selasa malam (8/10), membuat Mitra Kukar dipastikan lolos. Hingga kini Mitra Kukar sudah mengumpulkan 30 poin dari 19 Pertandingan. Poin tersebut memang masih bisa disamakan oleh PSIM, dan Persis, namun Mitra Kukar unggul head to head dari kedua tim tersebut.

Mitra kukar ditahan seri Persis di kandang 0-0 dan sukses seri 1-1 di Stadion Wilis. Sedangkan saat bertemu PSIM, Mitra Kukar dua kali menang. Yakni  1-0 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong dan 2-1 di Stadion Mandala Krida. Situasi ini membuat PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih menunggu dua wakil sisa dari Grup Timur yang masih berpeluang diperebutkan oleh lima klub. Yakni Persewar Waropen, Martapura FC, Persis, Sulut United, dan PSIM Jogja.

Di lain sisi, kekalahan PSBS Biak di laga ini membuat mereka terancam terdegradasi ke Liga 3 2020. Poin 24 yang mereka miliki, sama dengan apa yang ditabung oleh PSIM dan Persiba Balikpapan. Sisa satu laga kontra Martapura FC (21/10) tentu harus bisa dimaksimalkan jadi kemenangan. Ini penting karena Persatu di zona merah, saat ini tertinggal empat poin dari PSBS. Tapi, tim asal Jatim tersebut masih memiliki tiga laga sisa. Yang membuat mereka masih punya peluang besar keluar dari zona degradasi.

”Mau tak mau main di kandang lawan Martapura FC nanti kita harus menang agar tak terdegradasi. Kami tetap optimistis bisa menang,” ujar Asisten Pelatih PSBS Biak Melkias S. Yarengga. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia