Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Tes Cpns, Pemkot Solo Siapkan Rp 1,5 Miliar

10 Oktober 2019, 10: 15: 59 WIB | editor : Perdana

Tes Cpns, Pemkot Solo Siapkan Rp 1,5 Miliar

SOLO – Pemkot Surakarta menyiapkan anggaran Rp 1,5 miliar untuk proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Anggaran tersebut disusun setelah pemerintah pusat menetapkan anggaran pelaksanaan seleksi dibebankan kepada masing-masing daerah.

Pemkot memperkirakan pelaksanaan seleksi CPNS berlangsung awal tahun atau Januari-Februari mendatang. Agustus lalu, pemkot mengajukan 500 formasi. Terdiri dari 150 CPNS dan 350 tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK). 

Kepala Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Kota Solo, Rakhmat Sutomo mengatakan, keputusan kuota dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) belum diterima hingga pekan ini.

“Kami belum menerima keputusan kuotanya berapa. Surat dari Kemenpan RB hanya meminta Pemkot menyediakan anggaran rekrutmen. Jadi, kami menanggung biaya rekrutmen, namun  proses rekrutmen tetap dilaksanakan oleh pusat,” katanya, Rabu (9/10).

Rakhmat menerangkan anggaran rekrutmen CPNS dipatok senilai Rp1,5 miliar. Anggaran digunakan untuk menyewa komputer, bandwith (koneksi internet), sewa kursi/meja, gedung, dan perangkat lainnya. Meskipun demikian, ia mengaku tidak mengetahui alasan pusat melimpahkan anggaran rekrutmen tersebut. 

“Tahun kemarin itu kan anggaran ada yang dari provinsi dan pusat, kami tinggal mendelegasikan petugas dan pengawas. Bedanya itu saja. Soal tahapan rekrutmen, proses, penyusunan soal, semuanya dilaksanakan oleh pusat,” terangnya. 

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengaku tidak keberatan dengan keputusan tersebut. Namun kebijakan itu dianggap tak adil.  “Mereka yang menyeleksi tapi biayanya kami yang menanggung. Nilai Rp1,5 miliar itu besar, tapi kalau kebutuhan memang harus dianggarkan,” ujarnya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia