Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Motor Baru Kades Sedot Rp 7 Miliar, Dibagikan Tahun Depan

10 Oktober 2019, 16: 34: 48 WIB | editor : Perdana

SIMBOLIS: Penyerahan kendaraan dinas baru bagi para kades di Ghara Satya Praja, Kamis (26/9).

SIMBOLIS: Penyerahan kendaraan dinas baru bagi para kades di Ghara Satya Praja, Kamis (26/9). (HUMAS PEMKAB SUKOHARJO FOR RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Enggan kalah dengan Pemkab Sukoharjo yang “memanjakan” para kepala desa (kades)-nya, Pemkab Boyolali melakukan hal serupa dengan segera membagikan sepeda motor dinas Yamaha N Max.

Bukan itu saja, nominal penghasilan tetap (siltap) kades juga dikerek. “Nanti (2020) kepala desa dan kurah semua mendapatkan N Max. Sudah kita anggarkan dalam APBD 2020,” kata Ketua DPRD Boyolali S. Paryanto, kemarin (9/10). 

Pengadaan sepeda motor dinas teranyar itu menelan anggaran Rp 7 miliar dari APBD Boyolali 2020 dan didistribusikan untuk 261 kades dan enam lurah. 

Meski mendapatkan kendaraan operasional baru, kendaraan lawasan tak akan ditarik dan dapat dimanfaatkan untuk mendukung operasional desa. “Mintanya kades (motor dinas lawas) tidak ditarik. Tapi biar stanby di sana (kantor desa dan kelurahan). Tergantung kades, biar digunakan carik (sekdes) atau operasional pemerintah desa,” beber Paryanto.

Terkait rencana kenaikan siltap, dilakukan setelah audiensi dengan Asosiasi Perangkat desa Indonesia (APDESI) Boyolali. Yakni senilai Rp 500 ribu. “Dari Rp 3,5 juta menjadi Rp 4 juta (per bulan). Kalau permintaan kades Rp 5 juta,” jelas ketua dewan.

Kenaikan nominal siltap kades yang tidak terlalu besar itu, lanjut Paryanto, mengingat pada 2020 digelar pemilihan kepala daerah dan membutuhkan anggaran tidak sedikit. “Nah nanti, tahun 2021 kita naikkan agar siltap sesuai harapan kades,” janjinya.

Rencana pengadaan kendaraan dinas baru direspons positif Kades Canden, Kecamatan Sambi Jiyanto. “Dengan sepeda motor dinas itu bisa menunjang kades dan lurah sebagai pelayan masyarakat,” ucap dia. (wid/wa)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia