Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Pilkades Klaten, Antusias Masyarakat Cukup Tinggi

10 Oktober 2019, 16: 55: 27 WIB | editor : Perdana

MENGULAR: Antrean warga sebelum mencoblos Pilkades Ceporan, Kecamatan Gantiwarno.

MENGULAR: Antrean warga sebelum mencoblos Pilkades Ceporan, Kecamatan Gantiwarno. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

PEMILIHAN kepala desa (pilkades) gelombang III serentak digelar di 77 desa, kemarin (9/10). Tersebar di 24 kecamatan. Antusias masyarakat atau daftar pemilih tetap (DPT) cukup tinggi. Buktinya, antrean mengular di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Salah satunya terlihat di TPS Desa Ceporan, Kecamatan Gantiwarno.

Antrean terlihat di pintu masuk TPS setempat. Mereka dengan tertib antre menyerahkan surat undangan kepada panitia pilkades. Bahkan, sebagian harus rela berdiri. Sebab tempat duduk untuk menunggu ke bilik suara penuh sesak. Kendati demikian, Pilkades Ceporan berjalan tertib dan lancar.

“Di Desa Ceporan terdapat 2.310 DPT. Dibagi dalam tiga wilayah. Tiap wilayah terdapat tiga bilik untuk pencoblosan. Kami memang menargetkan pastipasi pemilih dalam pilkades ini sama dengan pileg dan pilpres kemarin, yakni 90 persen,” kata Ketua Panitia Pilkades Ceporan Dwi Jantoko.

Pilkades Ceporan diramaikan tiga calon kepala desa (cakades). Yakni Sarwono, petahana nomor urut 1 Sarwono. Melawan cakades nomor urut 2 Sutopo dan nomor urut 3 Supiyah. Pemungutan suara dilaksanakan mulai pukul 07.00-13.00.

Berbagai upaya dilakukan panitia pilkades untuk mencapai target partisipasi pemilih. Diawali program sosialisasi. Antusias DPT terbilang tinggi. Mereka bahkan secara rombongan datang ke TPS naik mobil bak terbuka.

“Partisipasi masyarakat menggunakan hak suaranya cukup bagus. Saya harapkan ke depannya seluruh tahapan berjalan lancar. Meskipun saat ini ada gugutan dari bakal calon kepala desa ke PTUN,” jelasnya.

Antusias pemilih juga terlihat pada Pilkades Tegalrejo, Kecamatan Bayat. Di sini terdapat 2.520 DPT. Panitia pilkades pasang target partisipasi pemilih mencapai 80 persen dari total DPT. “Soalnya yang 20 persen posisinya sedang merantau. Kami optimistis bisa,” urai Pj Kepala Desa Tegalrejo Supono.

Pilkades Tegalrejo diikuti tiga cakades. Yakni Yusuf Bahrudin nomor urut 1, Tri Wiyana sebagai petahana nomor urut 2, serta Sriyanta nomor urut 3. Hingga pukul 11.30, tercatat pastisipasi DPT mencapai 75 persen. Bahkan, masing-masing tim sukses (timses) menyediakan jasa antar-jemput bagi DPT. 

Sebagai catatan, Pilkades Tegalrejo harusnya digelar pada gelombang II, Maret kemarin. Namun tertunda karena ada permasalahan. “Kami pastikan seluruh panitia yang berjumlah 30 orang solid dalam melaksanakan pilkades,” bebernya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia