Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Pilkada Sukoharjo, Muncul Penantang Etik-Agus dari PDIP

10 Oktober 2019, 20: 02: 32 WIB | editor : Perdana

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi (RAGIL LISTYO/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Bursa pencalonan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo 2020 mulai memanas. Termasuk di internal PDIP. 

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Sukoharjo memang telah menutup pendaftaran penjaringan dengan hanya mengajukan pasangan bakal calon (balon) tunggal Etik Suryani-Agus Santosa. Namun, kini muncul Purwadi yang bakal mendaftar sebagai balon bupati lewat partai yang sama, PDIP. 

Pria yang kini menjabat wakil bupati Sukoharjo itu optimistis bisa mendaftar lewat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jateng maupun Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Sebab, Purwadi mengaku tidak tahu-menahu terkait penjaringan internal di DPC PDIP beberapa waktu lalu.

"Saat pendaftaran (penjarjngan internal DPC, Red) saya tidak tahu. Kalau nanti DPD PDIP Jateng mambuka pendaftatan, ya saya siap mendaftar," ungkap Purwadi, Kamis (10/10).

Purwadi telah menyiapkan semua berkas pendaftaran. Selain itu, dia mengaku mendapat dukungan dari banyak pihak. Bahkan, tidak hanya Purwadi yang akan mendaftarkan diri. Menurut pria yang juga menjabat sebagai ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Mojolaban itu, nama-nama lain juga akan muncul untuk ikut mendaftar lewat DPD maupun DPP.

"Mekanismenya kan yang membuat DPP.  Penjaringan juga melihat elektabilitasnya. Mumpuni atau tidak, dibutuhkan rakyat atau tidak. Dan, nantinya DPP PDIP yang menggolkan. Yang pasti, saya tegak lurus dengan instruksi partai," ungkap Purwadi.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo Nurjayanto enggan berkomentar banyak terkait rencana pencalonan Purwadi lewat DPD. Dia juga enggan menanggapi kemungkinan perpecahan suara di internal DPC PDIP.

"Soal DPD dan DPP, bukan kapasitas saya untuk menjawab. Namun, untuk DPC PDIP Sukoharjo telah sepakat mencalonkan Ibu Etik Suryani sebagai cabup dan Pak Agus Santosa sebagai cawabup. Dan kami dalam posisi menunggi rekomendasi DPP. Insya Allah kader dan simpatisan PDIP solid tegak lurus melaksanakan rekomendasi DPP," papar Nurjayanto. (rgl/ria)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia