Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Hutan Gunung Gandul Dilalap Api

12 Oktober 2019, 16: 46: 13 WIB | editor : Perdana

DAMPAK KEMARAU: Petugas pemadam kebakaran dibantu polisi, TNI dan relawan memadamkan api yang melanda Gunung Gandul di Wonogiri Kota, kemarin (11/10).

DAMPAK KEMARAU: Petugas pemadam kebakaran dibantu polisi, TNI dan relawan memadamkan api yang melanda Gunung Gandul di Wonogiri Kota, kemarin (11/10). (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Kebakaran melanda kawasan hutan negara di area Gunung Gandul, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri Kota, Jumat (11/10) siang. Beruntung, kebakaran di wilayah kota ini berhasil dipadamkan.

Pantauan koran ini di lokasi kejadian, kebakaran kali pertama diketahui sekitar pukul 12.30. Lokasi kebakaran tepatnya di Petak 13 E Klas Hutan TBP/BATU RPH Cubluk BKPH Wonogiri KPH Surakarta di Gunung Gandul, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri Kota.

Sumber api diduga dari semak-semak yang berada di pinggir jalan aspal terbakar. Belum diketahui sebab-sebab terjadinya kebakaran. Dari sumber api, karena angin tertiup sangat kencang dan di bawah terdapat semak kering maka menyebabkan titik api cepat membesar dan melalap area sekitarnya.

Pada pukul 15.55, petugas Perhutani dibantu anggota Polsek Wonogiri Kota, Koramil 01/Wonogiri, BPBD, relawan dan masyarakat Giriwono, berhasil memadamkan api dengan peralatan seadanya, seperti sabit dan gepyok. Lalu datang satu unit mobil pemadam kebakaran.

“Hutan yang terbakar merupakan hutan produksi dengan tanaman sonokeling. Luas lokasi kebakaran dua hektare dengan kerugian Rp 300 ribu karena tidak ada kayu yang terbakar dan hanya semak kering,” kata Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti melalui Kasubbag Humas Iptu Suwondo.

Suwondo mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada pada musim kemarau ini. Sebab, pada musim kemarau ini potensi kebakaran sangat tinggi. Selain petugas terkait, warga diminta berperan aktif dalam menjaga dan mengawasi lingkungan sekitar. (kwl/bun)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia