Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Calon Kades Muda Asal Wonogiri Garap Tiwul hingga Tembus Jepang

12 Oktober 2019, 18: 32: 00 WIB | editor : Perdana

Calon Kades Muda Asal Wonogiri Garap Tiwul hingga Tembus Jepang

WONOGIRI – Pria yang pernah dua kali patah hati ini berhasil terpilih menjadi kepala Desa Sirnoboyo, Giriwoyo. Adalah Romandhani Andang Nugroho. Dia berjanji memperdayakan masyarakat dengan berwirausaha. 

Bagi yang belum mengenalnya, tidak akan menduga pria 28 tahun itu adalah seorang kades terpilih dan akan dilantik per 16 Desember. “Saya SD di Sirnoboyo, SMP di Giritontro, SMA nya di Baturetno, dan sekolah D2 Perpustakaan di Pacitan,” jelasnya.

Dua kali patah hati membuat Dani, sapaan bekennya bersemangat mengembangkan diri dalam bidang wirausaha. Pertama membuka toko kelontong, ternak ayam kampung, konter pulsa, ternak cacing. Terbaru memproduksi intip tiwul. 

Dia memilih mengembangkan tiwul karena telah lama dikenal masyarakat namun belum memberikan kontribusi tinggi secara ekonomi. Dari hasil kerja kerasnya, tiwul produksi Dani menembus pasar eks Karesidenan Surakarta, Jakarta, Batam, Kalimantan, hingga Jepang dan Singapura.

"Pekerja ada tiga orang. Ada yang bagian menggoreng, packing, dan administrasi. Penjualan tiwul dilakukan secara online. Omzet per bulan rata-rata Rp 5 juta. Pernah juga dalam sebulan ada transaksi Rp 19 juta," ujarnya.

Kesuksesan itulah yang membuat para tokoh masyarakat dan pemuda di desanya mendorongnya maju mencalonkan diri sebagai kades.

Hasilnya, Dani menang tipis melawan petahana. Visi misinya mengembangkan pertanian, peternakan, dan perdagangan di kalangan pemuda Desa Sirnoboyo. Terkait kehidupan pribadinya, Dani berharap pada 20-02-2020 bisa menikah. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia