Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Klaten Menuju 100 Smart City Indonesia

14 Oktober 2019, 14: 49: 31 WIB | editor : Perdana

Klaten Menuju 100 Smart City Indonesia

DINAS Komunikasi Informasi (Kominfo) Klaten serius menjadikan Klaten sebagai smart city. Klaten merupakan salah satu dari 100 daerah di Indonesia yang komitmen menerapkan ini. Berbagai persiapan terus dilakukan. Salah satunya dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) agar smart city ini bisa berjalan maksimal di Kota Bersinar.

Akhir pekan lalu, SDM yang menjadi kelompok kerja (pokja) telah selasai mengikuti bimbingan teknis keempat atau terakhir. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menyiapkan SDM di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Ke depan pengembangan smart city akan dapat mempercepat pelayanan publik, pembangunan, ekonomi maupun bidang lain.

Guru Besar Fakultas Arsitektur Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Prof Ahmad Djunaedi di sela-sela mengisi acara bimbingan teknis mengatakan, saat ini seluruh  Indonesia mengalami transformasi digital, termasuk di Klaten. Maka semua elemen masyarakat dan pemerintah harus cerdas.  

“Pembangunan itu harus dibarengi dengan inovasi salah satunya dengan konsep smart city.  Semua dimensi kehidupan harus cerdas seperti smarteconomy, smartliving, smartcityenviroment, smartgoverment termasuk smartbranding. Tapi itu semua harus disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing sebagai pilar prioritas atau yang diutamakan,” ujarnya.

Di  Klaten memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Sehingga jika smart city dapat berjalan sesuai dengan rencana, makan potensi yang ada akan lebih cepat berkembang dan menjadikan Klaten lebih bersinar.

Bupati Klaten Sri Mulyani yang berkesempatan menutup dan menandatangani komitmen pejabat konsep Klaten smart city menekankan kesesuaiannya dengan potensi wilayah. Ini tantangan sekaligus peluang untuk mempercepat pembangunan di Klaten.

“Penyusunan masterplan  Klaten smart city sebagai panduan pengembangan dan implementasinya disesuaikan  dengan karakter dan potensi yang dimiliki daerah. Sehingga dapat  mewujudkan Kabupaten Klaten yang cerdas,” tambahnya.

Dia menambahkan, di era digital seperti saat ini penguasaan terhadap teknologi informasi cukup penting. Dengan  percepatan dan pemanfaatan tekonogi informasi tentu saja roda pemerintahan berjalan efektif dan efesien dalam  pelayanan masyarakat.

“Berbagai persiapan terus dilakukan untuk menjalankan smart city. Selain menyiapkan SDM di masingmasing SKPD, kami juga menyiapkan infrastruktur yang mendukung smartcity,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Klaten Amin Mustofa. (ren/oh)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia