Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Murid Sekolah Islam Terpadu Sragen Ceria Berlatih Ibadah Haji

14 Oktober 2019, 14: 56: 22 WIB | editor : Perdana

BERSEMANGAT: Ratusan siswa Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Sragen mengikuti latihan haji.

BERSEMANGAT: Ratusan siswa Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Sragen mengikuti latihan haji. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Musim haji sudah berlalu. Namun sejumlah sekolah tetap menggelar latihan manasik haji bagi siswanya. Seperti yang dilakukan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Sragen yang melatih ratusan siswanya manasik haji di Stadion Taruna Sragen Sabtu (12/10). 

Acara diikuti 697 siswa usia Taman Kanak-Kanak (TK) dari 17 lembaga dari berbagai wilayah di Kabupaten Sragen dan Kabupaten Sukoharjo. Peserta dibagi menjadi 30 kloter.

Meskipun matahari cukup panas, namun peserta manasik tetap bersemangat. Anak-anak memakai pakaian ihram nampak dengan ceria melaksanakan serangkaian rukun haji. Seperti lempar jumrah, tawaf, sai dan sebagainya. Kegiatan ini sebagai pengalaman belajar anak tentang rukun islam yang kelima.

”Harapan agar kelak kemudian hari anak bisa menjalankan ibadah haji yang sesungguhnya” terang Ustad Syahrul.

Disisi lain, manasik juga bertujuan agar anak-anak juga belajar tentang pentingnya untuk terus berjuang, meskipun dalam kondisi yang lelah dan panas. Serta bagi orang tua agar bisa memiliki gambaran tentang proses pelaksanaan ibadah haji. Selain itu kegiatan ini memudahkan anak-anak dalam belajar. Tidak hanya teori saja tapi juga praktik.

”Antusias anak-anak luar biasa, ini yang berangkat kelas TK B, mereka jauh-jauh hari menunggu kegiatan manasik haji. Pas panas-panas tetap semangat,” ujarnya.

Dia menyampaikan mengenalkan semua ibadah sejak dini sangat penting. ”Rukun Islam yang kelima itu wajib dilaksanakan. Kalau sahadat sampai zakat, Insya Allah sudah kita tanamkan,” jelasnya.

Sementara itu, ketua Panitia Kowiyatun menjelaskan bahwa kegiatan manasik haji ini sudah rutin dilaksanakan oleh JSIT Indonesia Devisi Paud setiap tahun. ”Untuk tahun ini, dilaksanakan dilapangan Taruna, dua tahun kemarin di lapangan Polres Sragen” terangnya. (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia