Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pandangan Pengendara Terhalang, Apill Dipasang

15 Oktober 2019, 13: 16: 51 WIB | editor : Perdana

UJI COBA: Traffic light di sisi bawah Overpass Manahan guna mencegah kecelakaan.

UJI COBA: Traffic light di sisi bawah Overpass Manahan guna mencegah kecelakaan. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Mengantisipasi terjadinya kecelakaan di sisi bawah Overpass Manahan, Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta memasang tiga unit alat pemberi isyarat lalu lintas (Apill) di persimpangan terowongan sisi selatan overpass. Rencananya alat ini difungsikan akhir tahun ini.

Apil menghadap sisi barat dan timur Jalan Hasanudin, dan satu lainnya di sayap barat menghadap selatan atau dari arah jalan Dr Moewardi. 

“Pengendara dari Jalan Moewardi yang akan menuju Jalan Hasanudin pandangannya terhalang overpass. Karena itu perlu ditambah trafficlight,” ujar Kabid Lalu Lintas Dishub Surakarta Ari Wibowo kemarin. 

Selain mencegah kecelakaan, traffic light juga masuk dalam analisa mengenai dampak lingkungan lalu lintas (Amdal) perencanaan pembangunan overpass.

Soal potensi kemacetan setelah dipasang Apill, Ari menegaskan akan melihat dari hasil uji coba lapangan. “Di tiap Apill kita pasang CCTV. Akan kita lihat apakah dengan pemasangan (Apill) ini sesuai harapan atau tidak. Kemudian apa solusi jika terjadi kemacetan," terang dia.

Evaluasi lainnya apakah Apill akan berfungsi selama 24 jam atau ketika malam diterapkan sistem flashing. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia