Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

JPU-Terdakwa Ajukan Kasasi,Terkait Vonis Bebas Terdakwa Dugaan Korupsi

15 Oktober 2019, 13: 35: 56 WIB | editor : Perdana

BELUM SELESAI: Kasus dugaan korupsi dalam proyek wisata Taman Dirgantara Edupark akan masuk ke kasasi.

BELUM SELESAI: Kasus dugaan korupsi dalam proyek wisata Taman Dirgantara Edupark akan masuk ke kasasi. (ADI PRASETYAWAN/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar menempuh upaya hukum kasasi atas dibebaskannya lima terdakwa kasus dugaan korupsi proyek taman dirgantara (Edupark) Intanpari. 

Seperti diketahui, majelis hakim Pengadilan Tinggi (PT) menyatakan bebas onslaq terhadap lima terdakwa.

Kepala Kejari Karanganyar Suhartoyo melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Bagus Kurniawan, mengungkapkan, pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu putusan banding. Sebelumnya, lima terdakwa diputus oleh mejelis hakim tindak pidana korupsi (Tipikor) Semarang masing-masing 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsidair 1 bulan kurungan.

”Kami ajukan kasasi. Lemahnya di mana kami akan pelajari putusan PT itu. Dan setelah dapat, nanti akan kami jadikan sebagai memori kasasinya,” terang Bagus.

Kepala Bagian Hukum Pemkab Karanganyar, Zulfikar Hadid menjelaskan, kelima terdakwa masih menyandang sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Putusan tersebut tidak ada pengaruhnya terhadap pemerintahan. Lantaran pemkab bukan pihak dalam perkara tersebut.

”Langsung kepada yang bersangkutan atau kuasa hukum saja, karena itu perkara pidana dan sifatnya personal,” teranganya.

Sementara itu kuasa Hukum kelima terdakwa Zainal Arifin mengungkapkan sampai saat ini belum menerima salinan putusan resmi dari pengadilan tinggi. ”Ini saya baru luar kota dan sampai saat ini kita belum menerima salinan itu mas. Nanti kalau sudah terima putusan, akan saya sampaikan. Kalau JPU kasasi ya kita akan kasasi juga,” terang Zainal. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia