Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar
PILKADES 2020

Pemkab Bantu Per Desa Rp 70 Juta Untuk Anggaran Pilkada

15 Oktober 2019, 13: 51: 56 WIB | editor : Perdana

PERSIAPAN: Rapat koordinasi (Rakor) Pilkades di setda.

PERSIAPAN: Rapat koordinasi (Rakor) Pilkades di setda. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di tujuh desa akan digelar awal 2020 mendatang. Pemkab menyiapkan bantuan anggaran pilkades per desa Rp 70 juta.

Tujuh desa tersebut adalah Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo, Desa/Kecamatan Karangpandan, Desa Dawung, Kecamatan Matesih, Desa Pendem, dan Desa Gebyok, Kecamatan Moogedang, serta Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Karanganyar Timotius Syuryadi mengatakan, pilkades serentak akan digelar 11 Maret 2020 mendatang. Masing – masing desa akan menerima bantuan keuangan dari APBD Kabupaten Karanganyar sebesar Rp 70 juta.

”Itu nanti sifatnya bantuan khusus. Saat ini sudah kami ajukan ke APBD Penetapan 2020,” terang Timotius saat sosialisasi Pilkades 2020 di Ruang Podang I Setda Karanganyar kemarin (14/10).

Dia menjelaskan, anggaran tersebut untuk pengadaan surat, kotak suara, peralatan lainnya, honorarium dan pelantikan.

”Ya selain itu untuk kebutuhan keamanan dan segala sesuatu, nanti bisa dengan APBDes. Dan semua calon kepala desa nanti tidak ditarik biaya. Kecuali bersifat pribadi seperti kelengkapan berkas untuk fotokopi,” ucapnya.

Tahapannya, Oktober sampai November pembentukan panitia dan pengawas. Desember sampai Februari 2020 pencalonan. Maret penetapan.

Bupati Juliyatmono mengharapkan panitia pelaksana pilkades jauh – jauh hari harus mempelajari semua peraturan yang berlaku, kemudian produk – produk hukum yang berlaku dalam proses pemilihan.

”Outputnya dapat dipercaya hasilnya. Harus matang dulu, sebelum membentuk panitia, dan tolong untuk anggaran yang di luar APBD tersebut dapat diatur disesuaikan dengan anggaran yang ada di desa,” jelasnya. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia