Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

4 Desa Wonogiri Bakal Dilalui Tol Langit Palapa Ring

15 Oktober 2019, 17: 26: 13 WIB | editor : Perdana

ILUSTRASI PROYEK PALAPA RING

ILUSTRASI PROYEK PALAPA RING

Share this      

WONOGIRI - Infrastruktur Palapa Ring (Tol Langit) telah diresmikan Presiden Joko Widodo, Senin (14/10). Setidaknya ada empat desa di Wonogiri bakal dilalui Tol Langit tersebut.

Terinspirasi oleh Patih Gadjah Mada yang sudah menjadi sejarah bangsa, pemerintah menggunakan “Palapa Ring” sebagai nama proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung bagi telekomunikasi nasional.

Palapa Ring adalah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Proyek ini merupakan jaringan serat optik pita lebar yang berbentuk cincin yang mengitari tujuh pulau. 

Yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Serta delapan jaringan penghubung dan satu cincin besar yang mengelilingi Indonesia, baik lewat dasar laut maupun daratan.

"Dari informasi yang saya dapat, total panjang kabel laut proyek pembangunan Tol Langit ini mencapai 35.280 kilometer dan kabel di daratan sejauh 21.807 kilometer," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri Heru Nur Iswantoro, Selasa (15/10).

Ada empat desa di Wonogiri yang diproyeksikan bakal dilalui proyek Palapa Ring tersebut. Namun, diakui Heru, sampai saat ini belum ada kepastian daerah-daerah yang akan dilalui tersebut.

"Semoga berjalan lancar, target pusat kan 34 propinsi 440 kabupaten/kota. Belum tau sampai ke desa atau tidak. Ataukah kabupaten yang akan diminta membangun sampai ke desa," papar Heru. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia