Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

16 Ponpes Bersaing di Liga Santri Nasional 2019

16 Oktober 2019, 09: 10: 59 WIB | editor : Perdana

KETAT: Partai final Liga Santri Nasional (LSN) regional 2 Jateng 2018. Tahun ini akan ada 16 tim yang bertanding.

KETAT: Partai final Liga Santri Nasional (LSN) regional 2 Jateng 2018. Tahun ini akan ada 16 tim yang bertanding. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kompetisi Liga Santri Nasional (LSN) kembali digelar tahun ini. Meski tak lagi disubsidi kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora), LSN tetap bergulir dari tingkat regional hingga nasional.

LSN 2019 regional 2 Jawa Tengah akan digelar di Stadion Sriwedari, Sabtu (21/10) hingga Sabtu (26/10) mendatang. Total ada 16 tim dari pondok pesantren eks Karesidenan Surakarta yang akan tampil. Selengkapnya lihat grafis.

Koordinator LSN Region 2 Jateng Ali Sutopo mengatakan, region 2 Jateng sebenarnya mempertandingkan perwakilan tim eks Karesidenan Surakarta dan eks Karesidenan Kedu. Namun wakil-wakil Kedu memilih absen. Dia tak menampik penyebabnya karena tidak lagi mendapat subsidi dari Kemenpora

”Tahun ini tidak ada subsidi sepersen pun dari menpora. Mereka (tim Kedu,Red) sudah kami undang, tapi memilih absen,” jelas Ali saat technical meeting, kemarin (15/10).

Patut diingat, kemenpora tengah digoyang kabar kasus korupsi hibah hingga menyeret Menteri Pemuda Dan Olahraga Imam Nahrawi sebagai tersangka. Ali menegaskan LSN akan tetap digelar dari tingkat regional hingga nasional. LSN seri nasional akan digelar 4-9 November mendatang.

Pertandingan akan digelar dengan sistem gugur. Juaranya akan mewakili regional tampil di tingkat nasional. Tahun ini hanya memainkan kelompok umur (KU) 17 tahun. Panitia juga akan menggelar screaning ke setiap pondok pesantren.

”Tujuannya memastikan pemain benar-benar dari pondok pesantren yang terdaftar sebagai peserta,” imbuhnya.

Dia memprediksi persaingan tidak kalah ketat dibanding tahun lalu. Seperti diketahui kejutan terjadi di LSN 2018. Di mana juara bertahan LSN 2017 Ponpes Walisongo Sragen tumbang atas Nurul Hikmah Sragen.

”Padahal saat itu Walisongo sempat diunggulkan. Tahun ini kami prediksi akan muncul unggulan lain. Jadi persaningan bakal ketat,” tandasnya.

Tak hanya itu akan ada pertandingan eksibisi tim Pemkot Solo vs Polresta Solo dan pengurus PCNU Solo. ”LSN dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional. Tahun ini slogannya Santri Maju, Indonesia Makmur,” tandasnya. (adi)

Kontestan LSN 2019 Region Jateng 2

1. Ta’mirul Islam, Solo

2. Al Muayad, Solo

3. Al Falah Baki, Sukoharjo

4. PPMI Assalam, Sukoharjo

5. Nurul Hikmah Tanon, Sragen

6. Ta’mirul Islam Cabang Masaran, Sragen

7. Ak Hikmah Tanon, Sragen

8. Walisongo, Sragen

9. Roudlotul Maarif Simo, Boyolali

10. Nurul Quran Simo, Boyolali

11. Al Huda Cepogo, Boyolali

12. Ummul Quro’ Klego, Boyolali

13. Nurul Hidayah Andong, Boyolali

14. Masyithoh Wonosegoro, Boyolali

15. Zumrotuttolibin, Boyolali

16. Tahfidzul Qur’an Manggis, Boyolali

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia