Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

1.600 Pepanah Tampil di Vastenburg

16 Oktober 2019, 11: 10: 59 WIB | editor : Perdana

KOMPETITIF: Sebanyak 1.600 pepanah dari berbagai daerah tampil di SIPAS Solo Open Archery Competition di Benteng Vasternburg, kemarin.

KOMPETITIF: Sebanyak 1.600 pepanah dari berbagai daerah tampil di SIPAS Solo Open Archery Competition di Benteng Vasternburg, kemarin. (LATIFAH AMATULLAH/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kejuaraan SIPAS Solo Open Archery Competition (SSOAC) kembali digelar untuk ketiga kalinya di Benteng Vastenburg, Solo. Sebanyak 1.600 pepanah dari berbagai daerah tampil di kejuaraan yang digelar mulai Sabtu-Sabtu (12-19/10). 

Ketua panitia Bayu Adi Kusuma mengatakan, selain agenda tahunan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, kejuaraan ini juga bertujuan mencetak bibit-bibit atlet panahan baru. Ada lima divisi yang dipertandingkan. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mempertandingkan dua divisi, yakni tradisional dan nasional.

”Divisi yang dipertandingan adalah tradisional, nasional, barebow, coumpond bow, dan recurve bow,” jelas Bayu, kemarin (15/10).

Divisi tradisional target terbagi menjadi empat kelas. Yakni kelompok umur (KU) 12 tahun, KU-15, umum, dan beregu. Divisi standar nasional terdapat lima kelas meliputi KU-9, KU-12, KU-15, KU-24, dan beregu. Divisi coumpond dan recurve dibagi dalam kelas umum dan beregu. Sedangkan divisi barebow meliputi umum dan master. Alhasil, jumlah peserta yang ikut serta juga meningkat taham.

”Tahun lalu hanya 500 peserta, sementara tahun ini naik jadi sekitar 1.600 peserta,” ungkap Bayu.

Tak hanya itu, beberapa atlet nasional juga turut tampil dalam kejuaraan ini. Bahkan atlet sekelas Ika Yuliana Rochmawati yang pernah menjuarai seri kejuaraan dunia panahan di Polandia 2014 lalu turut hadir dalam SSOAC tahun ini.

”Pserta dari berbagai daerah. Ada yang dari Jogja, Jawa timur, Jawa barat, Kalimantan Utara, Sulawesi, hingga Sumatra,” lanjut Bayu. 

Total ada 393 medali yang diperebutkan. Kontingen yang dapat menoreh medali paling banyak akan membawa pulang piala tetap dari wali kota Solo. (mg9/mg10/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia