Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Rombak Wajah KA Pramek, Diseragamkan Jadi Putih, Tiap Gerbong Ber-AC

16 Oktober 2019, 15: 16: 37 WIB | editor : Perdana

LAMA: KA Prameks warna merah putih keluar dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Balapan, belum lama ini.

LAMA: KA Prameks warna merah putih keluar dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Balapan, belum lama ini. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Warna Kereta Api (KA) Prameks selama ini cukup beragam. Ada motif batik, warna kuning, dan merah putih. Demi kenyamanan dan kemudahan pengguna jasa moda transportasi kereta, KA Prameks bakal diseragamkan. Menjadi warna putih.

Kepala PT KAI Daop 6 Jogjakarta Eko Purwanto mengatakan, KA Prameks terdisi dari empat rangkaian kereta atau trainset. Penyeragaman warna ini diharapkan menambah kesan bersih dan terlihat baru. Sehingga makin banyak penumpang tertarik menggunakan KA Prameks. 

“Perubahan warna sebetulnya bukan tujuan utama kami. Kami lebih mengedepankan aspek keandalan sarana dan kenyamanan pengguna jasa KA Prameks. Selain perbaikan eksterior seperti pengecatan, juga perbaikan komponen mesin dan alat bantu lainnya. Kami programkan sampai akhir tahun ini, semua KA lokal termasuk Prameks harus ber-AC,” terang Eko, kemarin (15/10). 

Pengguna KA Prameks dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Dalam sehari, trayek KA Pramek sebanyak 21 trip. Melayani relasi Jogjakarta-Solo dan Jogjakarta-Kutoarjo (PP). Jumlah penumpang periode 2016 sebanyak 2.973.891 orang. Periode 2017 sebanyak 3.650.114 orang dan periode 2018 sebanyak 3.940.671 orang. Periode Januari-Agustus 2019, sudah melayani 2.537.023 penumpang.

Jumlah penumpang KA Pramek sudah melebihi kuota, yakni 100 persen duduk dan 50 persen berdiri. Empat trainset yang ada belum bisa melayani semua calon penumpang. Masih banyak yang tidak kebagian tiket. Alhasil mereka terpaksa menggunakan KA terusan. 

Yostina Putri, 25, pelanggan KA Prameks semringah dengan tampilan kereta yang baru. Penyeragaman warna bakal memudahkan penumpang memilih kereta. “Dulu sempat ada isu beda warna KA Prameks beda fasilitas dan jurusan. Kadang jadi bingung sendiri. Tapi kalau tampilannya sama, lebih nyaman,” ujarnya. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia