Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

4,5 Menit Saja, Respons Favehotel Hadapi “Kebakaran”

16 Oktober 2019, 17: 58: 03 WIB | editor : Perdana

Manajemen, staf, dan karyawan Favehotel usai menggelar training penanggulangan kebakaran

Manajemen, staf, dan karyawan Favehotel usai menggelar training penanggulangan kebakaran

Share this      

SOLO – Risiko bencana kebakaran bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Selain selalu berusaha menghindari hal-hal yang menimbulkan potensi terjadinya kebakaran, siapa pun mesti lebih memahami cara sigap menghadapi kebakaran. Baik itu untuk lingkungan rumah tangga maupun kalangan industri atau usaha.

Tak ketinggalan, Favehotel Solo menggelar pelatihan sigap hadapi kebakaran bagi semua karyawan. Sehingga para karyawan bisa lebih mawas diri dengan segala kemungkinan yang menimbulkan bahaya.

Training kepada para karyawan tersebut dilaksanakan di Favehotel Manahan Solo pada Kamis (10/10) dan di Favehotel Solo Baru, Jumat (11/10).  Para karyawan dan staf diberi pengetahuan tentang nama alat yang biasa digunakan hotel saat terjadi kebakaran. 

”Teman-teman ini juga diajarkan bagaimana menggunakan baju tahan panas dan APAR (alat pemadam api ringan). Kemudian, bagaimana mengenai prosedur yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran,” jelas Cluster General Manager Favehotel Solo Ika Florentina kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (16/10).

Ditambahkan Ika, simulasi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini simulasi dibuat seolah nyata adanya kebakaran di dalam gedung. Setelah diberikan materi secara teori, praktik atau simulasi penanganan bencana kebakaran dilaksanakan pada Senin (14/10) dan Selasa (15/10), masing-masing di Favehotel Manahan dan Favehotel Solo Baru. 

Tanpa adanya pemberitahuan, tiba-tiba alarm berbunyi. Dengan siap dan siaga, semua staf dan karyawan yang sudah mengetahui tugasnya masing-masing langsung melakukan evakuasi sesuai komando. Tim fire bridge juga melakukan langkah pemadaman awal dengan penyemprotan ke arah gedung hotel. Semua staf  dan karyawan sudah berkumpul di assembly point sembari menunggu tim dari Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) datang. Waktu yang tercatat kurang lebih 4,5 menit yang mana merupakan respons dari internal Favehotel Manahan Solo dan Favehotel Solo Baru. Pencapaian tersebut lebih baik dibandingkan tahun lalu, di mana pada tahun lalu mencapai angka 7 menit.

”Kegitan ini diberikan sebagai bekal untuk para karyawan karena sangat bermanfaat untuk menjaga keselamatan diri. Para karyawan melatih kesigapan dan keterampilan dalam memadamkan kebakaran. Apalagi pemicu kebakaran itu bisa terjadi di mana saja dan lewat apa saja,” pungkas Ika. (gis/ria)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia