Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

BPBD Gembleng Relawan Tangani Korban Disabilitas

17 Oktober 2019, 13: 39: 47 WIB | editor : Perdana

PENTING: Relawan mempraktikkan cara menolong korban bencana kaum disabilitas.

PENTING: Relawan mempraktikkan cara menolong korban bencana kaum disabilitas. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Relawan kebencanaan juga dituntut mampu menangani korban bencana kaum disabilitas. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar menggelar pelatihan relawan dalam membantu korban bencana berkebutuhan khusus. Latihan diikuti ratusan relawan di Balai Latihan Kerja (BLK) Karangpandan, kemarin (16/10).

Kepala BPBD Karanganyar Bambang Djatmiko mengungkapkan, pelatihan tersebut tidak hanya menanggulangi korban bencana alam yang menyandang status disabilitas. Akan tetapi juga melatih dan meningkatkan kemampuan relawan dan menangani situasi bencana alam. Muali dari persiapan mendirikan tenda pengungsian dan membantu evakuasi korban.

”Kami juga ada bagian untuk penanganan disabilitas, yakni Unit Disabilitas. Di dalam khusus menangani korban bencana alam seperti tuna netra, tuna rungu, tuna daksa dan beberapa kaum disabilitas lainnya,” terang Bambang.

Sebelumnya juga digelar gladi penanggulangan korban bencana alam gempa dan longsor di Desa Gempolan, Jenawi beberapa waktu lalu. Kemudian pelatihan water rescue.

Sementara itu, salah seorang peserta disabilitas Sartono yang menderita tuna daksa mengaku, pelatihan tersebut memang perlu dilakukan. Mengingat kalangan penyandang disabilitas juga mendapatkan pelatihan dan penanganan yang khusus.

”Selain dapat menyelamatakan diri sendiri, syukur bisa menyelematkan orang lain,” terangnya. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia