Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Lama Mangkrak, Omben Sepur Diaktifkan

17 Oktober 2019, 15: 02: 10 WIB | editor : Perdana

CARI AIR: Personel BPDB Wonogiri menguras omben sepur di lingkungan Bauresan, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri.

CARI AIR: Personel BPDB Wonogiri menguras omben sepur di lingkungan Bauresan, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Beragam upaya dilakukan pemkab untuk menjamin ketersediaan air bersih. Di antaranya menghidupkan kembali omben sepur atau sumur bekas memandikan kereta api (KA) dengan cara dikuras. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, pihaknya bersama petugas PDAM dan Dinas Kesehatan Wonogiri telah melaksanakan pengecekan dan pengambilan sampel dari sumber mata air omben sepur di lingkungan Bauresan, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri. Sumber mata air ini sudah lama tidak digunakan.

"Sumber airnya besar. Dulu digunakan untuk memandikan kereta api," kata Bambang, Rabu (16/10).

Kegiatan tersebut merupakan upaya optimalisasi pemanfaatan sumber mata air guna mengatasi kekeringan selama musim kemarau. Sebelum digunakan masyarakat, kualitas air omben sepur harus dipastikan layak konsumsi. 

“Sebelum pengambilan sampel, pada Minggu (13/10) sumur besar telah dibersihkan dan dikuras. Diambil sendimentasinya oleh BPBD bersama warga setempat,” ujarnya. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia