Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Korupsi di DPU Klaten, Ketua Asosiasi Penyedia Jasa Konstruksi Ditahan

17 Oktober 2019, 19: 58: 55 WIB | editor : Perdana

Tersangka MKS saat digiring para penyidik jaksa Kejari Klaten ke Lapas IIB Klaten

Tersangka MKS saat digiring para penyidik jaksa Kejari Klaten ke Lapas IIB Klaten

Share this      

KLATEN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten resmi menahan salah satu ketua asosiasi penyedia jasa konstruksi di Klaten, MKS alias Mukhlis Mursidi. Mukhlis terjerat kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan langsung di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten pada 2015. 

Sebelumnya, Mukhlis telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Klaten pada 1 Oktober dengan dasar dua alat bukti yang dikantongi penyidik. Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Klaten Ginanjar Damar Pamenang mengatakkan, terhadap perkara Mukhlis, penyidik telah memanggil sekitar 12 saksi yang berasal dari unsur penyedia jasa. 

”Pagi ini (17/10) tersangka MKS juga telah memenuhi pemanggilan penyidik untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka. Saat pemeriksaan, tersangka didampingi  penasihat hukumnya,” jelas Ginanjar, Kamis.

Dari hasil pemeriksaan, penyidik akhirnya melakukan penahanan kepada Mukhlis selama 20 hari, terhitung sejak Kamis (17/10) siang. Penahanan dilakukan di Lapas IIB Klaten.

Apa pertimbangan penyidik menahan tersangka? Diungkapkan Ginanjar, tersangka diancam dengan pidana lebih dari 5 tahun penjara. Penyidik juga telah menemukan sekurang-kurangnya du alat bukti untuk membuktikan perbuatan tersangka atas pasal yang disangkakan. 

Selain itu, penyidik khawatir tersangka akan melarikan diri serta mengulangi perbuatan lagi dan menghilangkan barang bukti. ”Diduga ada keturutsertaan MKS bersama tersangka Abdul Mursyid (eks kepala DPU, Red) dalam pembagian paket dan pemungutan dari penyedia jasa dalam pengadaaan langsung di DPU Klaten pada 2015. Saat ini penyidik masih mendalami peran dari MKS,” jelas Ginanjar. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia