Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

12 OPD Raih Penghargaan dari Wali Kota

18 Oktober 2019, 12: 49: 03 WIB | editor : Perdana

Penyerahan penghargaan wali kota kepada organisasi perangkat daerah di Balai Tawangarum, Bali Kota Surakarta, Kamis (17/10)

Penyerahan penghargaan wali kota kepada organisasi perangkat daerah di Balai Tawangarum, Bali Kota Surakarta, Kamis (17/10) (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO –  Sebanyak 12 organisasi perangkat daerah (OPD) mendapat penghargaan dari wali kota Surakarta. Apresiasi ini terkait penyusunan dan penyajian laporan keuangan 2018 serta pengelolaan barang milik daerah 2018. 

Pemberian penghargaan dilakukan langsung oleh Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo di Balai Tawangarum Balai Kota Surakarta, Kamis (17/10). Sebelumnya dilakukan penilaian terhadap 153 objek entitas pelaporan yang dibagi menjadi dua kategori. Yakni, entitas pelaporan kategori besar untuk dinas, badan dan sekretariat DPRD. Lalu, entitas pelaporan kategori kecil untuk kecamatan, bagian, SMP, kelurahan, unit pelaksana teknis, puskesmas dan badan layanan umum daerah.

“Entitas yang tidak termasuk dalam objek penilaian adalah inspektorat selaku pemeriksa internal pemkot dan BPPKAD (badan pengelolaan pendapatan keuangan dan aset daerah) selaku pembina penyusun laporan keuangan,” terang Kepala BPPKAD Kota Surakarta Yosca Herman Soedrajad.

Dari hasil penilaian, pemenang penghargaan penyusunan dan penyajian laporan keuangan kategori besar dimenangkan dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil), dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DPPKB), dan dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP). Masing-masing mendapatkan penghargaan dan uang tunai sebesar Rp 5 juta, Rp 3 juta, dan Rp 2 juta. Untuk entitas pelaporan kecil dimenangkan bagian perekonomian, UPT transportasi, dan UPT Puskesmas Gilingan.

Sementara pemenang penghargaan pengelolaan barang milik daerah pada entitas besar adalah dinas kesehatan (dinkes), dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil), dan badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan daerah (BKPPD). Sedangkan untuk entitas kecil dimenangkan UPT Puskesmas Pajang, UPT Metrologi, dan SMPN 16 Surakarta

“Semoga penghargaan yang diperoleh menjadi motivasi bagi OPD yang lain untuk lebih meningkatkan pengelolaan keuangan serta aset yang dimiliki,” kata Herman.

Sementara itu Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo ingin kompetisi serupa dilaksanakan tahun depan. Dengan catatan OPD yang telah mendapatkan penghargaan tahun ini tetap dinilai, namun tidak mendapatkan penghargaan kembali.

“Itu untuk meningkatkan daya kompetisi. Karena kalau nggak dikompetisikan, kinerjanya terkadang tidak sesuai harapan,” katanya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia