Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pedagang Oprokan Pasar Klitikan Minta Kios Murah

18 Oktober 2019, 13: 11: 13 WIB | editor : Perdana

Pedagang oprokan di Pasar Klitikan hanya bisa berjualan di pagi hari

Pedagang oprokan di Pasar Klitikan hanya bisa berjualan di pagi hari

Share this      

SOLO – Selama ini, pedagang oprokan di Pasar Klitikan Notoharjo hanya beroperasi dari pukul 05.00-09.00. Sebab itu, mereka meminta pemkot memfasilitas kios dengan sewa murah.

Salah seorang pedagang oprokan Trisilo, 44, menuturkan, dengan berjualan di kios, waktu operasional bisa lebih lama. Diharapkan pendapatan pun meningkat. ”Ya pengen punya tempat jualan khusus biar bisa buka pagi sampai sore,” terangnya kemarin (17/10). 

Merespons keinginan pedagang oprokan, lurah pasar setempat Sumadi menyatakan, penambahan kios harus mempertimbangkan ketersediaan lahan. “Kalau masih ada lahan kosong di sini, mungkin pemerintah akan membuatkan. Tapi tempatnya sudah penuh,” ungkap dia.

Senada dituturkan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta Heru Sunardi. “Belum ada rencana penyediaan lahan. Nanti kita kaji dulu apakah ada potensi untuk kita perlu tambah (kios). Karena itu, kita masih perlu adakan kajian dulu,” ujarnya. 

Selain terbatasnya ketersediaan lahan, lanjut Heru, perlu dilakukan pendataan asal usul pedagang oprokan. Sebab, pemkot masih fokus memberdayakan warga asli Solo.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo  mengungkapkan, belum ada rencana penyediaan lahan khusus bagi pedagang oprokan di Pasar Klitikan Notoharjo. “Lahannya belum ada, seperti yang dikatakan Lurah Pasar Klitikan Notoharjo. Belum ada rencana penyediaan lahan di sana. Nanti coba kita cek dulu,” pungkasnya. (mg11/mg12/wa)

(rs/it/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia