Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Belajar Tulis Huruf Kanji dengan Ahlinya

18 Oktober 2019, 18: 14: 31 WIB | editor : Perdana

TELATEN: Volunter asal Jepang mengajari murid SMKN 6 Surakarta menulis huruf kanji kemarin (17/10).

TELATEN: Volunter asal Jepang mengajari murid SMKN 6 Surakarta menulis huruf kanji kemarin (17/10). (SEPTINA FADIA PUTRI/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Sejumlah murid SMKN 6 Surakarta serius mengikuti kelas menulis huruf Jepang atua kanji di sekolah setempat kemarin (17/10). Meski sesekali merasa kesulitan, mereka tetap antusias memperhatikan penjelasan volunter asal Negeri Sakura.

Para pelajar tidak perlu khawatir terkendala komunikasi, sebab guru bahasa Jepang SMKN 6 siap menjadi penghubung keduanya. Kegiatan volunter asal Jepang ini merupakan program Nihon Go Partner. Sebuah program yang mendukung pendidikan bahasa Jepang di negara-negara ASEAN, salah satunya di Indonesia. 

Program itu diisi dengan pengenalan bahasa dan budaya Jepang oleh volunter. "Kami lakukan kegiatan di dalam maupun di luar kelas bersama siswa dan para sukarelawan. Mereka berperan menjadi mitra percakapan, asisten dalam kegiatan belajar mengajar, maupun mitra bagi pengajar dan para siswa," jelas Wakil Kepala SMKN 6 Surakarta Bidang Humas, Retna Palupi.

Program ini berlangsung selama enam bulan. Mulai 2 September-3 Maret. Kegiatannya antara lain belajar mengajar, membimbing ekstrakurikuler, dan sebagainya.

"Kami berharap para siswa mampu menerima ilmu dengan baik dari sukarelawan. Menambah wawasan dan kemampuan, khususnya dalam berbahasa asing, yakni Bahasa Jepang. Ini dapat meningkatkan kualitas mereka saat terjun di dunia kerja di pasar global," pungkasnya. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia