Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Geser Puluhan Makam demi Destinasi Wisata

19 Oktober 2019, 07: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Geser Puluhan Makam demi Destinasi Wisata

SOLO - Puluhan makam di Makam Keluarga Raden Ngabehi Singadiwirya Jamsareen Serengan direlokasi ke sejumlah tempat pemakaman umum. Setelah itu pemkot akan menjadikan lahan sekitar 400 meter persegi itu sebagai sarana penunjang Kampung Blangkon.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo kemarin melihat langsung kondisi makam. Menurutnya seluruh ahli waris tidak mempermasalahkan makam keluarga tersebut direlokasi. Bahkan warga sekitar juga mendukung rencana pemkot untuk mengganti fungsi lahan dari pemakaman menjadi lokasi penunjang Kampung Blangkon.

“Di lahan itu akan kita jadikan showroom. Nanti kita tata tuntas. Baik dari drainase, sanitasi, rumahnya dari tidak layak huni menjadi layak huni, dan kawasannya kita ubah menjadi betul-betul kawasan wisata,” katanya, Jumat (18/10).

Rudy menambahkan, penataan kawasan tersebut didasari atas potensi yang dimiliki warga Jamsaren dalam memproduksi blangkon. Potensi tersebut akan diangkat dan dijadikan sebagai destinasi wisata baru di Kota Bengawan. Wali kota ingin di lokasi tersebut wisatawan dapat melihat produksi blangkon serta mempelajari jenis-jenis pakaian tradisional dengan kombinasi blangkon.

“Pakaian khas kejawen semua pakai blangkon, ada kejawen prolog, kejawen landing, kejawen keprajuritan semua pakai blangkon,” terangnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan menambahkan, selain penataan kawasan, edukasi terhadap masyarakat juga penting dilakukan. Sebab, sebagai sebuah kampung wisata, masyarakat sekitar tidak hanya sebagai objek melainkan berperilaku sebagai subjek dalam entitas wisata.

“Bagaimana masyarakat selalu tersenyum dan ramah saat ada wisatawan masuk ke kampung tersebut. Mereka menunjukkan jalan sesuai keinginan wisatawan. Atau sekadar menyapa saat wisatawan melintas di depan rumah-rumah mereka. Itu yang saat ini belum terbangun di Solo,” katanya. (irw/bun

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia