Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo
PELANTIKAN PRESIDEN

Siagakan 700 Personel, Amankan Objek Vital 

19 Oktober 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Perdana

JAMIN KEAMANAN: Kapolresta AKBP Andy Rifai bersama memeriksa barisan sebelum apel siaga, Jumat (18/10).

JAMIN KEAMANAN: Kapolresta AKBP Andy Rifai bersama memeriksa barisan sebelum apel siaga, Jumat (18/10). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Ratusan personel gabungan dari Polresta Surakarta dan Polda Jawa Tengah disiagakan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Minggu besok (20/10). Warga pun diwanti-wanti agar tidak mengerahkan massa jelang pelantikan tersebut.

Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai menerjukan 510 jajarannya untuk pengamanan jelang pelantikan. Pihaknya juga mendapat bantuan sebanyak dua SSK dari Polda Jateng. Dengan demikian, 710 personel itu siang di sejumlah titik untuk menjaga kondusivitas Kota Bengawan. 

“Dengan pengamanan ini diharapkan tidak ada oknum atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab mengganggu situasi yang aman ini. Peningkatan pengamanan dilakukan di pusat perbelanjaan, ruang publik, rumah ibadah, dan lokasi yang dipakai untuk syukuran terkait momen itu. Untuk pengamanan di wilayah VVIP juga ikut ditingkatkan,” bebernya.

Kepolisian juga mengimbau agar masyarakat tidak menggelar kegiatan yang bersifat massal jelang pelantikan presiden dan wakilnya. Pihaknya memastikan izin kegiatan pengerahan massa baru diperbolehkan usai pelantikan selesai. 

“Sementara untuk kegiatan yang bersifat pengerahan massa dan berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas ditunda dulu. Kami sudah komunikasi dengan koordinator dan relawan agar tidak menggelar konvoi,” jelas Andy.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo juga melarang kader dan relawan melakukan konvoi. Jika nantinya masih nekat konvoi, Rudy menyerahkan penindakan kepada pihak berwajib. “Saat pertemuan kemarin sudah saya sampaikan, jangan ada konvoi. Kalau nanti nekat, ya biar ditindak yang berwenang (kepolisian),”  tegas Rudy.  (ves/bun)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia