Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Cegah Banjir, Pemkab Sukoharjo Siapkan Drainase 

19 Oktober 2019, 19: 23: 56 WIB | editor : Perdana

PENGERUKAN: Perbaikan drainase di depan Gelora Merdeka, Jombor, Sukoharjo.

PENGERUKAN: Perbaikan drainase di depan Gelora Merdeka, Jombor, Sukoharjo. (RAGIL LISTIYO/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Mencegah banjir maupun genangan, pemkab melakukan pemetaan daerah rawan. Sejumlah proyek revitalisasi drainase juga dikebut.

"Sudah ada surat edaran dari bupati (terkait musim pancaroba) yang nanti diteruskan ke masyarakat. Kalau banjir luapan (sungai) semua daerah berpotensi," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto, Jumat (18/10).

Hasil pemetaan BPBD Sukoharjo, ada lima kecamatan yang menjadi perhatian. Yakni, Tawangsari, Grogol, Polokarto, Mojolaban dan Sukoharjo. Termasuk wilayah yang dilintasi Kali Langsur, Kali Samin dan Sungai Bengawan Solo.

“Untuk daerah Tawangsari, yang menjadi perhatian yaitu perbatasan dengan Kabupaten Klaten. Seperti Desa Tawang, Grogol dan Karakan. Sedangkan di wilayah utara, yakni Kecamatan Grogol ada Kadokan, Pandeyan dan Telukan," ujar dia.

Di Kecamatan Polokarto, daerah rawan genangan yakni Pranan, Bugel, Karangwuni, Ngombakan dan Mranggen. Di Kecamatan Mojolaban yang diantisipasi yakni Tegalmade, Laban, Plumbon, Gadingan dan Palur, sedangkan Kecamatan Sukoharjo hanya pada selokan yang dikhawatirkan meluap 

BPBD juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo terkait pembenahan saluran drainase.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPUPR Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan, rehabilitasi drainase menyasar kawasan Bekonang-Mojo, Jalan Slamet Riyadi, Kartasura dan Bulakrej.

"Masyarakat juga harus turut andil mencegah banjir dengan tidak membuang sampah di sungai maupun drainase," tandas dia. Evaluasi DPUPR pada musim hujan tahun lalu, tidak ada temuan banjir ditengah kota.

Sekretaris (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa juga berharap masyarakat bisa berperan menjaga kebersihan sungai dengan tidak buang sampah sembarangan. (rgl/wa)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia