Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Personel Linmas Pariwisata Bantu Optimalkan Potensi Wisata Kelurahan

20 Oktober 2019, 09: 35: 59 WIB | editor : Perdana

MULITTALENTA: Linmas saat bertugas menjaga di wilayah kelurahan.

MULITTALENTA: Linmas saat bertugas menjaga di wilayah kelurahan. (RADAR SOLO PHOTO)

Share this      

SOLO – Enggan kalah dengan Polri yang memiliki polisi pariwisata, anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kota Bengawan di dorong memiliki divisi serupa. Tujuannya, membantu meningkatkan potensi-potensi wisata di masing-masing kelurahan.

Sekretaris Satpol PP Kota Surakarta Arif Darmawan mengatakan, Linmas pariwisata sudah digagas cukup lama. "Kita tahu Solo memiliki banyak potensi wisata dan budaya. Beberapa di antaranya tersembunyi di balik permukiman padat. Setelah digali, ternyata banyak kelurahan berpotensi menjadi destinasi wisata. Nah, untuk meningkatkan potensi itu, kita terjukan linmas sektor pariwisata," bebernya, Sabtu (19/10).

Hingga saat ini, sebanyak 17 kelurahan mengirimkan dua perwakilan Linmas hasil seleksi. Yakni berusia tidak lebih dari 35 tahun dan pendidikan minimal setara SMA. Mereka dilatih agar lebih mudah berkomunikasi secara baik dengan wisatawan, serta paham potensi wisata di kelurahannya.  Bukan hanya pelatihan, tahun depan, satpol PP akan menyiapkan seragam khusus Linmas pariwisata agar lebih mudah dikenali. 

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Tuti Orbawati mengapresiasi program Linmas Pariwisata. Ini menandakan seluruh elemen masyarakat makin sadar akan potensi wisata di lingkungannya.

"Selama ini kan Linmas sudah mengenal lingkungannya. Tinggal diberikan pedoman khusus untuk berinteraksi dengan wisatawan. Mereka bisa menjadi pemandu wisata di kelurahan masing-masing," tuturnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia