Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pengembangan Kampung KB Berbasis Kemandirian & Teknologi Pucangsawit

20 Oktober 2019, 10: 45: 59 WIB | editor : Perdana

BERGAIRAH: Mural dan spanduk tentang KB yang tersebar di Pucangsawit, Jebres.

BERGAIRAH: Mural dan spanduk tentang KB yang tersebar di Pucangsawit, Jebres.

Share this      

KAMPUNG KB di Kota Solo kali pertama dicanangkan di RW 12 dan RW 13  Pucangsawit, Jebres oleh kepala BKKBN pada 2016. Beragam kegiatan digelar dengan melibatkan masyarakat. Antara lain posyandu integrasi, pos lansia, pelayanan KB, dan perbaikan rumah tidak layak huni untuk keluarga aseptor KB, serta penataan lingkungan melalui pemanfaatan sampah organik dan nonorganik.

Fakta di lapangan, masyarakat masih kekurangan informasi terkait program KB, sehingga perlu sosialisasi dan pendekatan edukatif, peningkatan keterampilan dalam bentuk pelatihan berorientasi profesional kerja dan lokakarya para trainer dan fasilitator KB.

Tidak kalah pentingnya pembentukan kampung KB mandiri berbasis teknologi dengan penambahan website. Dibarengi promosi secara manual maupun online. 

Beragam kegiatan yang diselenggarakan mulai Maret-Desember 2019 mendapatkan dukungan dari Kelurahan Pucangsawit, Stikes Aisyiyah Surakarta, dan seluruh elemen masyarakat. 

Kegiatan yang sudah dilaksanakan meliputi pelatihan bina keluarga lansia, penerapan APE lansia, konseling kontrasepsi, bina keluarga balita, kewirausahaan, internet marketing, merajut bagi warga, pembukuan sederhana, pembuatan website dan aplikasi Kampung KB, dan pembentukan Sentra ‘’Omah Kriya Si Pucang”. (sct/wa)

(rs/it/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia