Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Gara-Gara Bara Api “Menyeberang” Sungai, 3 Mobil Terbakar

21 Oktober 2019, 18: 25: 09 WIB | editor : Perdana

Kebakaran lahan di Semanggi, Pasar Kliwon juga mengenai sejumlah mobil bekas

Kebakaran lahan di Semanggi, Pasar Kliwon juga mengenai sejumlah mobil bekas (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Hanya gara-gara bara api yang jatuh di semak belukar, lahan seluas 300 meter persegi di RT 01 RW 04 Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon dilalap si jago merah, Senin (20/10). Bahkan, tiga mobil bekas yang berada di lokasi ikut hangus dilalap api. 

Tavip Jaka Susilo, salah seorang warga sekitar menuturkan, tidak ada masyarakat yang mengetahui sejak kapan api muncul di lahan tersebut. Sebab, titik api pertama berada di lereng sungai yang tidak terlihat oleh warga. Angin yang kencang membuat api membesar dan merembet ke semak belukar. Api pun dengan cepat terus merembet hingga membakar mobil yang berjarak sekitar 100 meter.

”Pas kena mobil, langsung semakin besar. Warga sudah coba mematikan dengan menggunakan air dari aliran sungai. Tapi karena kena ban bekas mobil, api semakin menjadi-jadi,” tutur Tavip

Karena usaha mereka gagal, warga akhirnya melaporkan kejadian itu ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Surakarta. Sebanyak tiga unit armada damkar langsung diterjunkan ke lokasi. Tak sampai 15 menit, api berhasil dipadamkan. "Kesulitan kita karena lokasi kebakaran berada di seberang talut. Beruntung, armada kita bisa menuju lokasi," kata Kepala Damkar Kota Surakarta Gatot Sutanto.

Berdasarkan hasil penelusuran, ternyata ada warga di seberang sungai yang membakar sampah dan mengenai rumpun bambu. Aktivitas bakar sampah itu sudah masuk wilayah Mojolaban, Sukoharjo. Diduga bara dari aktivitas pembakaran tersebut tertiup angin dan jatuh di semak belukar. (atn/ria)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia