Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Cuaca Panas Menyengat sampai Akhir Oktober, Waspada Puting Beliung

21 Oktober 2019, 20: 25: 47 WIB | editor : Perdana

Seorang pesepeda melindungi wajahnya dengan tangan karena panas sengatan matahari

Seorang pesepeda melindungi wajahnya dengan tangan karena panas sengatan matahari (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah memperkirakan suhu tinggi di Kota Surakarta akan terjadi hingga akhir Oktober. Masyarakat diminta menyesuaikan diri dan bersiap jika terjadi angin kencang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko menjabarkan, naiknya suhu terjadi merata di Jawa Tengah. Hal tersebut merupakan kejadian alam yang wajar di setiap bulan Oktober

”Memang data iklim kami menunjukkan suhu maksimum tertinggi terjadi di bulan Oktober. Kebetulan juga posisi matahari saat ini tepat di atas Pulau Jawa,” kata Iis saat dihubungi Jawa Pos Radar Solo, Senin (21/10).

Suhu tinggi juga dipengaruhi datangnya musim pancaroba. Atau peralihan dari musim kemarau ke penghujan. ”Derah yang vegetasinya kurang cenderung lebih hangat. Begitu juga sebaliknya,” tegasnya.

Menghadapi suhu tinggi itu, BMKG meminta masyarakat waspada dengan kemungkinan datangnya angin puting beliung. Saat ini kecepatan angin berada di atas rata-rata. Yakni sekitar 50 kilometer per jam hingga 60 kilometer per jam. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia