Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Hutan Gunung Pekat Terbakar, Api Merembet Dekati SPBE

22 Oktober 2019, 06: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Kobaran api yang membakar hutan Gunung Pegat terlihat jelas dari SPBE

Kobaran api yang membakar hutan Gunung Pegat terlihat jelas dari SPBE (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI - Hutan di wilayah Gunung Pegat, Kecamatan Nguntoronadi terbakar sejak Senin (21/10) siang. Hingga malam, api masih membesar hingga mendekat Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di sekitar Gunung Pegat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, kebakaran terjadi di lahan warga masyarakat di lingkungan Temoyo, Kelurahan Bumiharjo, Kecamatan Nguntoronadi. 

"Kronologis kejadian, awal mula kepulan asap diketahui warga sekitar pukul 10.00. Namun karena tiupan angin semakin membesar dan melebar, api meluas hingga mencapai sekitar kurang setengah hektare," kata Bambang, Senin malam.

Upaya pemadaman dilakukan oleh warga masyarakat dibantu Tim TRC BPBD dan relawan. Sekitar pukul 18.00 api dapat dipadamkan. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Lahan yang terbakar sekitar 0,5 hektare dengan tanaman jenis jati, johar, dan beberapa pohon bambu

"Penyebab kebakaran masih dalam proses penanganan aparat yang berwenang," papar Bambang. 

Namun, pada pukul 20.00 hembusan angin kencang membuat api kembali menyala. Kobaran api semakin merembet ke area sekitar 100 meter dari SPBE. "Malam ini masih dilakukan upaya pemadaman," pungkas Bambang. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia