Selasa, 10 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

Indonesia Open X-Sports Championship, Adu Skill Siap tersaji

25 Oktober 2019, 13: 03: 21 WIB | editor : Perdana

HALANG RINTANG: Salah satu venue Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) di Alun-Alun Karanganyar.

HALANG RINTANG: Salah satu venue Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) di Alun-Alun Karanganyar. (RUDI HARTONO/RADAR SOLo)

Share this      

KARANGANYAR –  Ratusan atlet olahraga ektreme dari berbagai negara dipastikan bakal menjajal arena di Alun-Alun Karanganyar, dalam sebuah kejuaraan bertajuk Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ke-11. Kejuaraan ini bakal digelar tiga hari (25-27/10).

Kegiatan ini diprakarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Standar arena yang telah dibuat oleh pihak panitia dengan system knockdown. Nantinya dipastikan bakal mampu meningkatkan andrenalin peserta untuk menaklukkannya, dan memperlihatkan aksi-aksi ciamik.

Beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan, mulai dari skateboard, BMX, freestyle soccer, freestyle basketball, wall clambing dan olahraga ektreme lainnya.

"Saya kira arena yang telah kita buat itu sudah seperti arena standar international. Dari berbagai permainan ektreme kita berikan fasilitas yang lebih. Baik sarana maupun prasarananya. Semua standar international,” terang Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Srijawoto

Sementara itu, salah satu panitia dari Kemenpora Bembi Bambang Rianto mengungkapkan, setiap tahun tingkat kesulitan arena yang dibuat berbeda-beda. Masing-masing cabang olahraga mempunyai cara dan penghitungan nilai tersendiri, tergantung dari pengurus.

"Desain tiap tahunnya berbeda dan kesulitanya masing-masing. Bisa itu satu lokaai atau satu arena digunakan untuk tiga cabang olahraga, seperti skateboard dan BMX freestyle bisa dalam satu tempat, penghitungan juri memiliki kriteria yang berbeda juga," jelasnya.

Sementara itu direncanakan kejuaraan ini akan diikuti 336 atlet. Pesertanyapun dari berbagai negara. Mulai dari Prancis, Singapura, Amerika, Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Tiongkok hingga Jepang. (rud/nik)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia