Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Bukit Tambang Emas di Selogiri Terbakar

25 Oktober 2019, 19: 07: 42 WIB | editor : Perdana

Bukit Randu Kuning yang akan jadi lahan penambangan emas di Selogiri terbakar

Bukit Randu Kuning yang akan jadi lahan penambangan emas di Selogiri terbakar (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI - Bukit Randu Kuning yang digadang-gadang akan menjadi tambang emas di Wonogiri mengalami kebakaran pada Kamis (24/10) malam. Setidaknya 8 hektare lahan di bukit yang kaya akan kandungan emas itu terbakar.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti melalui Kapolsek Selogiri AKP Dirodo mengatakan, kebakaran melanda hutan lahan milik rakyat di Bukit Randu Kuning dan Bukit Tuk Alang Alang di Dusun Geritan RT 004 RW 005, Desa Jendi, Kecamatan Selogiri. Titik api diketahui pada Kamis (24/10) pukul 17.00.

"Titik api diketahui oleh warga setempat. Selanjutnya memberitahukan warga di lingkungan Dusun Geritan yang saat itu akan melaksanakan ibadah salat Magrib serta menghubungi Damkar Wonogiri dan Polsek Selogiri," kata Dirodo, Jumat (25/10).

Anggota Polsek Selogiri dan warga Dusun Geritan langsung berupaya memadamkan api secara manual. Yakni dengan cara melokalisir dan memotong alur api agar tidak merembet ke pemukiman warga.

"Sampai pukul 23.00, api sudah padam. Namun, warga dan relawan masih berjaga-jaga di sekitar Dusun Geritan. Sumber api dimungkinkan akibat cuaca cukup panas dan puntung rokok saat warga melakukan aktivitas di siang hari," papar Dirodo.

Sebagai informasi, pada akhir tahun lalu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah telah mengeluarkan pengumuman bernomor 660.1/5101. Isinya tentang Permohonan Izin Lingkungan Rencana Penambangan Emas di Blok Randu Kuning oleh PT Alexis Perdana Mineral di Kabupaten Wonogiri. 

Dalam pengumuman itu dijelaskan, PTAlexis Perdana Mineral akan melakukan eksploitasi (operasi produksi) serta pengolahan dan pemurnian mineral logam dengan kapasitas 2.500.000 ton per tahun. Jumlah emas yang diproduksi 26.000 oz per tahun. Lokasinya di Blok Randu Kuning, Desa Jendi dan Desa Keloran, Kecamatan Selogiri. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia