Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

Hisyam Tolle Disanksi Larangan Main 5 Tahun, Ini Tanggapan Pasoepati

26 Oktober 2019, 23: 50: 45 WIB | editor : Perdana

Hisyam Tolle Disanksi Larangan Main 5 Tahun, Ini Tanggapan Pasoepati

SOLO – Bek PSIM Jogja Achmad Hisyam Tolle disanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dengan begitu sadis. Dia dilarang beraktivitas di kompetisi bentukan PSSI selama lima tahun kedepan.

Ini didapat karena ulahnya menendang punggung gelandang Persis Solo M Shulton Fajar usai dikartu merah wasit. Kejadian ini sendiri terjadi di Stadion Mandala Krida Jogja, 21 Oktober lalu, saat Persis secara mengejutkan membuat malu PSIM yang tumbang di depan pendukungnya, dengan skor akhir 3-2.

Sanksi yang memberatkan Tolle, ternyata juga ditambah aksi tak terpujinya pada wartawan Goal Indonesia Lukas Budi Cahyono. Tolle yang melihat Budi Cahyono memotret kejadian dia menendang Shulton, ternyata memaksa foto yang direkam Budi Cahyono untuk dihapus. Karena tertekan Budi akhirnya memaksanya, karena diintimidasi pemain PSIM lainnya, yakni Aldaier Makatindu.

DPP Pasoepati menganggap sanksi Komdis untuk Tolle memang cukup pantas. “Kita sangat mengapresiasi Komdis PSSI bergerak cepat untuk memutuskan hukuman untuk PSIM. Apapun hukuman yang dijatuhkan semoga ini yang terakhir di sepak bola Indonesia. Kekerasan terhadap wartawan dan penyerangan kepada pemain bola tidak boleh terjadi lagi. ini sebagai pembelajaran,” terang Presiden DPP Pasoepati Aulia Haryo kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Komdis akhirnya memberikan sanksi lainnya kepada Aldaier, yang ikut mengintimidasi Budi Cahyono. Tapi dia hanya dapat teguran keras.

Satu pemain PSIM lainnya yakni Raymond Ivantonius juga kena sanksi. Dia dikartu merah wasit dalam laga ini, karena sempat memukul Shulton. 

Komdis memberikan hukuman pada eks pemain PSIS Semarang tersebut, berupa larangan bermain sebanyak dua pertandingan padanya. 

Di lain sisi, karena aksi suporter PSIM yang masuk ke lapangan untuk mengejar pemain Persis, hingga memukul fotografer Jawa Pos Radar Jogja Guntur Aga Tirtana saat sedang memoto kejadian di lapangan, Komdis akhirnya memberi sanksi pada PSIM, larangan tanpa penonton selama dua bulan pada saat laga home pada musim kompetisi 2020, karena PSIM sudah terhenti langkahnya di Liga 2 2019. Selain itu Laskar Mataram juga didenda Rp. 100 juta.

“Sayangnya PSSI cuma berani hukum pemain aja. Sementara klub didenda seperti biasa saja,” ujar Aulia Haryo. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia