Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Mengenal Aneka Bunga di Taman Kebon Asri, Bayat, Klaten

27 Oktober 2019, 17: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Mengenal Aneka Bunga di Taman Kebon Asri, Bayat, Klaten

Taman Bunga Kebon Asri, Bayat, Klaten menawarkan perpaduan antara kebun bunga, wisata warna-warni, dan landmark empat negara sekaligus. Berikut catatan perjalanan Kami,

PERJALANAN Kami menuju Taman Kebon Asri di Dusun Ngepringan RT 02, RW 03, Desa Kebon, Bayat, Klaten dimulai dari Kota Solo. Berbekal Google maps, kami menyusuri jalan Solo-Jogja dengan jarak tempuh 31 km. Suasana sore pukul 15.30 yang masih terik, ditambah asap-asap kendaraan, menemani perjalanan Kami berdua dengan kendaraan roda dua.

Sampai di pertigaan Desa Trucuk, Kami mulai melenggang memasuki jalan-jalan kecil, melewati pemukiman, persawahan, dan kebun jagung di sisi kanan dan kiri. Perjalanan yang cukup panjang itu terbayar.

Akhirnya Kami sampai di depan gerbang Taman Kebon Asri dengan dinding berwarna abu abu berbentuk istana menyerupai kawasan di negeri dongeng. Biasanya taman ini ramai setiap akhir pekan. Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, pengunjung bisa menikmati keindahan warna-warni bunga dan berswafoto di spot selfie yang telah disediakan.

Memasuki Taman Kebon Asri, Kami disuguhi pemandangan ornamen empat negara sekaligus. Yakni Jepang, Tiongkok, Belanda, dan Inggris. Kami langsung menyusuri setiap sudut taman. Ada hiasan bunga Sakura berwarna merah muda dan putih di spot negara Jepang.

Di sampingnya juga terdapat ornamen berbentuk rumah gaya Tiongkok yang dihiasi lampion. Serta cat berwarna merah dan kuning. Kedua ornamen tersebut memiliki tinggi sekitar 3 dengan lebar 4 meter. Cocok untuk dijadikan spot selfie.

Sementara di tengah taman bunga juga terdapat miniatur kincir angin khas Belanda. Ada pula box telepon merah atau bilik telepon yang merupakan ikon di Inggris. Ada juga replika gaya rumah khas Eropa lho. Konsep yang diusung menjadikan sensasi berada di 4 negara sekaligus. Pengunjung dapat merasakan ornamen-ornamen yang melekat di setiap sudut taman.

Sementara taman bunga seluas 1 hektare ini memiliki berbagai macam koleksi bunga. Mulai dari Celosia, Matahari, Marigold, Pentas, Kenop, Aster, Snapdragon, hinga bunga kertas. Semua tumbuh subur menghiasi seluruh sisi taman, meski saat ini kemarau sedang puncak-puncaknya.

Pengunjung juga dapat menikmati hamparan kebun bunga dari atas rumah pohon. Hamparan kebun warna-warni serasa pelangi indah. Tak hanya itu, konsep milenial dengan spot selfie juga diusung. Mulai dari ornamen tangga nada, ada figur kartun Spongebob, kelinci, kupu-kupu, pelangi sampai papan foto dengan frame Instagram. Cocok untuk berswafoto dan langsung diunggah ke sosial media.

Selain menikmati keindahan taman, pengunjung juga bisa duduk di halaman rumah pemilik taman dengan pohon mangga mahatir atau kyeoji yang ada disampingnya. Di sana tersaji dengan berbagai jenis minuman dan seblak. Di luar taman pun terdapat berbagai saung yang cocok dijadikan tempat beristirahat. Salah satunya adalah saung makanan gendar pecel yang merupakan makanan khas daerah tersebut. (mg9/mg11/mg12/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia