Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

Jateng Rajai Kejurnas NPC

29 Oktober 2019, 15: 36: 56 WIB | editor : Perdana

POTENSIAL: Salah satu atlet peserta Kejurnas NPC Indonesia 2019 dari cabor tenis meja.

POTENSIAL: Salah satu atlet peserta Kejurnas NPC Indonesia 2019 dari cabor tenis meja. (ARIF PRAYOGA/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kejuaraan Nasional yang diadakan oleh National Paralympic Committee (NPC) Indonesia di Solo kemarin (25-27/10) telah usai. Sebagai tuan rumah, Jateng sukses meraih 109 medali. Yang meraih 45 emas, 35 perak, dan 29 perunggu. Perolehan ini membuat kontingen tuan rumah mengemban gelar juara umum. Posisi kedua disusul kontingen Jawa Barat dengan 21 medali emas dan Kalimantan Selatan dengan 16 medali emas.

Ketua NPC Jateng, Priyano mengatakan bahwa perolehan itu sudah sesuai dengan yang ditargetkan. NPC jateng pada kejurnas tahun ini tidak menurunkan kekuatan penuh. Atlet-atlet yang diikutkan hanyalah atlet lini satu dan lini dua, sedangkan lini tiga tidak diterjunkan.

”Keberuntungan kejurnas di tahun ini posisinya di Solo. Kalau di daerah lain kita berpikir dua kali. Seperti kontingen-kontingen lain yang hanya menurunkan atlet lini satu,” jelas Priyano saat ditemui di Hotel Pose In Solo kemarin (28/10).  

Atlet baru berpotensi dari NPC Jateng muncul di kejurnas tahun ini, salah satunya adalah Yunika Anas Tasya di cabor atletik T37. Meskipun dia masih pelajar, dia mampu bersaing dan mendapatkan medali perak dibawah atlet pelatnas.

Kemenangan ini juga merupakan hasil dari program pembinaan jangka panjang. Sebanyak 204 atlet dibina oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sejak Januari lalu. Desentralisasi dilakukan pada masing-masing kabupaten dan kota. Selain untuk kejurnas, pembinaan itu juga merupakan bentuk persiapan NPC Jateng jelang Peparnas 2020 nanti.

Peredaran medali Jateng jugaberagam. Dari atletik meraih 23 emas, 20 perak dan 13 perunggu. Sedangkan dari cabor renang menyumbangkan 12 emas, 11 perak, dan enam perunggu. Sementara itu boocia tiga emas, dua perak dan satu perunggu. Tenis meja sendiri menyumbang tiga emas. (mg10/nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia